1526 M Jadi Bukti Kemanunggalan Si Loreng dan Warga Juwangi

1526 M Jadi Bukti Kemanunggalan Si Loreng dan Warga Juwangi
JAWA TENGAH

Boyolali, (LV)- Dimulai sejak tanggal 11 Juli 2022 Prajurit TNI dari Kodim 0724/Boyolali bersinergi bersama masyarakat Desa Jerukan Kec Juwangi Kab Boyolali dan segenap instansi vertikal, horisontal serta organisasi kemasyarakatan dari berbagai elemen mulai menyiapkan sarana dan prasarana pengerjaan kegiatan fisik dan non fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 TA 2022.

Sasaran fisik dalam TMMD Reg ke-114 menargetkan betonisasi jalan sepanjang 1526 Meter dengan melibatkan personil Korem 074/Warastratama, Kodim 0724/Boyolali, Batalyon Arhanud 15/DBY, Batalyon Kavaleri 2/TC, Batalyon Zipur 4/TK, TNI AU Lanud Adi Soemarmo, dan juga Polres Boyolali, masyarakat serta ormas, (23/8/2022)

Pembukaan TMMD Reg ke 114 dibuka secara resmi pada tanggal 26 Juli 2022 oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat S.H, dengan didampingi Forkopimda Boyolali serta Danrem 074/ Warastratama, Kolonel Inf Achirudin. Selain menargetkan Sasaran Fisik berupa betonisasi jalan, juga melaksanakan 17 Sasaran Non Fisik diantaranya berupa; Sosialisasi Penerimaan prajurit TNI, Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Terorisme oleh Polres Boyolali, Penyuluhan Hukum oleh Kejaksaan Negeri Boyolali, Penyuluhan Kesehatan dan Stunting oleh Dinkes Boyolali, Penyuluhan Kehutanan oleh Perhutani Boyolali, Sosialisasi PMK Hewan Ternak oleh Dinas Peternakan Dan Perikanan Boyolali. Ada juga Bhakti Sosial yang dilaksanakan antara lain, Donor Darah, Bantuan Al Quran untuk Masjid di Desa Jerukan, Pelayanan KB Gratis, Pembagian Baju Batik, Pembagian Paket Sembako dan Penghijauan.

Dandim Boyolali, Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A, menyampaikan lewat release tertulisnya bahwa jumlah 17 Sasaran Non Fisik ini juga menjadi pengingat tanggal 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan RI. Lebih lanjut, kata Ronald, bahwa untuk memeriahkan HUT RI ke 77 karena bertepatan dengan momen pelaksanaan TMMD Reguler, digelar juga lomba baca puisi oleh siswa sekolah SD, lomba PBB untuk siswa sekolah tingkat SLTP serta juga pertandingan volley antar Desa se-Kecamatan Juwangi yang memperebutkan Piala Dandim Boyolali. “Ya, lomba – lomba yang bertemakan wawasan kebangsaan ini kami gelar sebagai bagian dari upaya menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi milenial”, tambah Letkol Ronald.

Dalam pelaksanaan TMMD Reg ke 114, masyarakat Desa Jerukan, Juwangi mendapatkan perhatian serta kunjungan dari beberapa pejabat TNI diantaranya kunjungan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joko Triyanto S.E, M.M., Wasev dari Irdya Renprogar IV/Diponegoro Letkol Inf Muh Darojat, S. Ag, Wasev Irdya Itdam IV/Diponegoro Letkol Inf Jasman S.Pd., dan Wasev dari Sterad yang diketuai oleh MayjenTNI Bambang Supardi, S.I.P, M.M. Menurut Dansatgas TMMD Reg ke-114, Letkol Arm Ronald F Siwabessy M.A bahwa saat ini untuk sasaran fisik dari program TMMD sudah selesai 100%.

“Kami selaku Dansatgas mengucapkan banyak terima kasih atas pencapaian target TMMD yang selesai tepat waktu, semua ini tak lepas dari kerjasama berbagai pihak yang mendukung program ini termasuk warga Desa Jerukan, Juwangi. Semoga dengan selesainya program TMMD ini masyarakat Desa Jerukan dan sekitarnya dapat memanfaatkan sarana yang baru di bangun ini mampu mendorong kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan warga Desa Jerukan khususnya. Melalui TMMD Reg 114 di Juwangi ini, kita semuanya optimis bahwa Indonesia akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, sebagaimana tema perayaan HUT RI ke 77 TA.2022”, pungkas Pamen TNI AD kelahiran Ambon Manise itu, mengakhiri wawancaranya. (Agus Kemplu)