Babinsa Jajaran Kodim 0105/Abar lkuti Workshop Tracer Covid – 19 Secara Virtual Dengan Kemenkes RI

ACEH BARAT

Aceh Barat, lampungvisual.com-
Sebagai garda terdepan dalam upaya membantu Pemerintah menanggulangi Covid – 19, Babinsa Jajaran Kodim 0105/Abar mengikuti Workshop Tracer ( tenaga pelacak ) Covid – 19 dengan Kemenkes Rl yang digelar secara virtual ( Zoom ) di Aula Makodim setempat Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (11/6/2021)

Kegiatan ini merujuk pada Surat Kemenkes Rl No Dl. 02. 01/1/2/2220/2021 Tanggal 04 Juni 2021 tentang Workshop Tracer Covid – 19 bagi Babinsa dan Keputusan Pangdam lM No KEP/258/Xll/2020 Tanggal 21 Desember 2020 tentang Pengesahan Progjagar Kodam lM selaku Kotama Ops TNI AD TA. 2021 Bidang Operasi.

Baca Juga:  Satgas TMMD Ke-108, Bantu Tim Medis Dari Pukesmas Pante Ceureumen Melaksanakan Kegiatan Posyandu Di Desa Lango

Sesuai dasar tersebut, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., menyambut baik dan memerintahkan anggotanya khususnya Babinsa untuk mengikuti kegiatan Workshop ini agar memiliki bekal ilmu kesehatan sebagai safety saat berada di lapangan.

“Selama pandemi ini, Babinsa merupakan ujung tombak dalam memberikan edukasi maupun sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya workshop tracer ini, setidaknya Babinsa akan memiliki ilmu medis yang manfaatnya bisa membantu tenaga kesehatan dalam melacak atupun mendeteksi dini kemungkinan ada pasien yang terpapar Covid – 19. Sebab, Babinsa adalah orang terpilih dan terbaik yang selama ini telah menjalani misi kemanusiaan mencegah penyebaran Covid – 19”, ujar Dandim memberikan keterangan terkait pelatihan ini

Baca Juga:  Awali Kerja Anggota Satgas Melaksanakan Apel Pagi Di Lokasi TMMD

Dandim berharap setelah adanya kegiatan ini, sebagai tracer, Babinsa lebih peka dan memiliki naluri yang mampu melakukan deteksi dini sehingga bisa mencium keberadaan warga yang terpapar Covid – 19.

“Apabila ada masyarakat yang memiliki gejala, berkat ilmu yang didapat maka Babinsa akan lebih tanggap. Jika ada yang terendus positif, peran Babinsa akan langsung mendata atau mencari tentang siapa saja yang sudah kontak erat. Sehingga pencegahan maupun pengendalian Covid – 19 di wilayah akan mudah dan cepat teratasi”, pungkas Dandim. (*/R)

 75 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Baca Juga Artikel Terkait

Tagged