Babinsa Nogosari Dampingi pengendalian OPT Holtiktura

Babinsa Nogosari Dampingi pengendalian OPT Holtiktura
JAWA TENGAH

Boyolali. Dukung Ketahanan Pangan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serma Joko Mulyono melaksanakan pendampingan pengendalian Organisme Penganggu Tanaman ( OPT ) Hortikultura kepada petani binaannya kelompok Tani Sari Tani Desa Tegalgiri Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Kamis ( 22/9/22)

Fokus utama pendampingan tersebut membekali para petani dengan cara pengendalian hama yang menyerang tanaman holtikultura salah satunya lalat buah. Yang mengakibatnya produksi buah menurun dan kualitas hasil panen menjadi buruk.  Inilah yang merugikan secara ekonomi" ucap babinsa

Gejala kerusakan pada buah yang diserang pun bervariasi. Serangan pada buah muda menyebabkan buah berbentuk tidak normal, buah berkalus, dan gugur. Serangan pada buah tua menyebabkan buah menjadi busuk basah karena bekas lubang larva terinfeksi oleh bakteri dan jamur.

Pengendalian dapat dilakukan dengan membungkus buah dengan brongsong. Atau secara kimiawi dengan insektisida biasanya dilakukan secara intensif pada tanaman.

Dengan adanya penyuluhan ini, kami menaruh harapan besar kepada kelompok tani Sari tani semoga hasil panen semakin meningkat sehingga menguatkan pangan Nasional,” ujarnya.

(Kemplu 72)