Babinsa Posramil 05/PC Bantu Warga Pasang Pancang Pagar Untuk Lindungi Tanaman Dari Hama

Babinsa Posramil 05/PC Bantu Warga Pasang Pancang Pagar Untuk Lindungi Tanaman Dari Hama
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV) Sebagai wujud nyata kedekatan dan kepedulian Aparat Teritorial dengan masyarakat diimplementasikan Babinsa Posramil 05/PC Kodim 0105/Abar Koptu Muhammad Nazir yang turut ikut bergotong royong membantu Kelompok Tani dalam pembuatan Pagar Kebun milik Desa Pulo Teungoh Kecamatan Pante Ceureumen, Sabtu (27/8/2022)

Membuka Kebun atau lahan pertanian hal yang paling utama didahulukan yakni dengan membuat Pagar keliling. Pasalnya, Pagar merupakan pengaman tetap yang bisa melindungi tanaman dari ternak piaraan ataupun hama liar. Demikian halnya yang dilakukan oleh Koptu M. Nazir bersama warga membuat Pagar Kebun secara gotong royong agar pekerjaan lebih ringan dan cepat terselesaikan.

Berdasarkan informasi dari Koptu M. Nazir, Kebun sayuran tersebut merupakan lahan milik Desa setempat. Amatan di lokasi terlihat puluhan masyarakat yang berprofesi sebagai Petani umumnya didominasi oleh kaum lbu - lbu tampak penuh semangat dan merasa sangat beruntung karena dibantu oleh Babinsa.

Koptu M. Nazir mengungkapkan, aksi ini tidak hanya sebatas pembuatan Pagar semata, namun bisa juga menjadi sarana komunikasi sosial yang bisa menciptakan kebersamaan dan kepedulian pedulian antar sesama.

"Sembari buat Pagar Kita berbincang - bincang dengan warga yang menjelaskan bahwa Kebun ini milik Desa dan akan digarab secara bersama - sama. Kebun tersebut nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman Palawija atau tanaman muda. Jika tidak dipasang Pagar, maka tanaman–tanaman khawatir akan rusak dan dimakan oleh hama Babi maupun ternak warga yang berkeliaran", ulas Babinsa

Terkait gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat, Babinsa memberikan apresiasi. Konon, ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang sangat positif di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Dengan bergotong royong seperti ini, maka pekerjaan tidak akan memakan waktu lebih lama. Kami berharap masyarakat senantiasa bisa melestarikan budaya ini dalam kegiatan apapun, termasuk dalam pembuatan Pagar ini. Dengan semangat kebersamaan, Pagar akan berdiri kokoh dan kedekatan maupun kekompakan akan semakin erat bahkan kuat", tandas Babinsa.(*)