klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Kepala BPBD Syamsul Rahman Berpulang, Pemkot Bandarlampung Berkabung

Kepala BPBD Syamsul Rahman Berpulang
Momen kenangan, Kalaks BPBD Kota Bandarlampung, Syamsul Rahman (tengah), bersama petugas pemadam kebakaran BPBD Kota, di sela upacara peringatan HUT ke-340 Kota Bandarlampung, 20 Juni 2022 lalu. | dok. Syamsul Rahman/Muzzamil
BANDAR LAMPUNG

Kepala BPBD Syamsul Rahman Berpulang, Pemkot Bandarlampung Berkabung
Bandar Lampung, (LV)
Bak petir menyambar, info berpulangnya ke Rahmatullah, Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung, Syamsul Rahman, pada Kamis 21 Juli 2022 dini hari, kilat menyebar.

Syamsul Rahman menghembuskan napas terakhir dalam perawatan medis darurat usai penyakit asam lambung dideritanya tetiba kambuh, di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Tanjungkarang Bandarlampung, sekira pukul 02.15 Waktu Indonesia Barat.

“Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Pagi subuh ini dapat berita berpulangnya saudaraku Syamsul Rahman, S.T., M.T. (Kepala BPBD Bandarlampung) Kamis dini hari 21 Juli 2022 pukul 02.15 WIB. Berita ini memang sangat mengejutkan karena almarhum dalam hari-hari terakhir ini dalam keadaan baik-baik saja,” warta tokoh pendidikan dan olahraga Kota Tapis, Gunawan Handoko, Kamis pagi.

“Selamat jalan adikku, menghadaplah keharibaan-Nya dengan tenang. Semoga engkau mendapat tempat yang mulia disisi-Nya. Kehidupan dunia sejatinya adalah perjalanan kita untuk kembali kepada Allah.
Kita pernah berhimpun dalam satu kantor, bukan sekedar berteman. Namun sudah seperti kakak beradik dan aku bersaksi bahwa semasa hidupmu engkau orang yang baik,” testimoni Pakdhe, sapaan dia.

Di ujung warta lara, pegiat literasi, Ketua Komunitas Minat Baca Indonesia (KMBI) Lampung sejak 2005 yang pernah tercatat sebagai calon anggota DPRD Lampung dapil Lampung III asal Partai Gerindra ini mengutip bunyi Firman Allah SWT. “Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya,” demikian Quran Surat az-Zumar ayat 54, dikutipnya.

Baca Juga:  Pemerintah Provinsi Lampung Raih Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021

Sama terkejut, sejawat almarhum lainnya, Iskandarsyah Kamarudin. “Semoga almarhum diampuni dosa-dosanya. Aamiin,” warga Bandarlampung ini takzim doakan.

Semasa hayat di kandung badan, Syamsul Rahman dikenal “sejuk”. Gaya berdinasnya, jauh dari kesan berjarak. Di titik-titik lokasi kejadian bencana alam di ibu kota provinsi ini, dia sering didapati kontan membaur dengan siapa pun orang di lokasi.

Kelahiran 30 April 1964 ini juga Magister Teknik Universitas Bandar Lampung (UBL). Pewarta, yang setiap pagi biasa melintasi depan rumah almarhum, Jl Darussalam, Kelurahan Langkapura Baru, Kecamatan Langkapura, Bandarlampung, terkaget-kaget demi melihat kibaran bendera kuning tetanda simbol kabar duka yang menempel di mulut gang persis ujung tembok rumah duka sisi gang itu, lalu mendengar jawaban kabar meninggalnya almarhum dari seorang warga tetangga, Kamis pukul 07.06 WIB.

Bak petir menyambar

Pasalnya, pada Rabu (20/7/2022) malam, almarhum masih sempat ikut berpartisipasi sebagai peserta lomba menyanyi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot Bandarlampung, salah satu tangkai even Begawi dan Bandarlampung Expo 2022 dalam rangka peringatan HUT ke-340 Kota Bandarlampung ke-340 tema Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan untuk Membangun Ekonomi Daerah Dengan Kolaborasi Multi Pihak, di arena expo, Stadion Way Dadi, Sukarame, Bandarlampung, berlangsung sejak Sabtu 16 Juli lalu, dan akan berakhir pada Minggu 24 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga:  dr. Zam Zanariah, Menyambut Baik kegiatan Pengajian Rutin Forhati

“pak Syamsul bang. Iya, ninggal jam duaan,” ujar warga itu singkat, bak ketiban durian demi mendengarnya, sontak kenangan satu ketika almarhum pernah ajak pewarta pesta durian di kebun miliknya, membayang mata.

Pantauan lokasi pukul 09.45 WIB, ratusan pelayat memadati rumah duka dan sekitar. Lalu lintas dari arah masuk Jl Darussalam, ditutup dan dialihkan sementara tepat di perempatan Gang KBN-Gang Murni. Info tersiar, almarhum rencana dimakamkan di TPU Imam Bonjol, Langkapura, ba’da Zuhur.

Empat karangan bunga ucapan duka, dari Kepala Dinas PU Kota Bandarlampung Iwan Gunawan, keluarga besar Alumni Dinas Bina Marga dan Permukiman (BMP, kini Dinas PU) Kota Bandarlampung, dan lima meter sisi kiri rumah duka, dari HIPPGINDO Lampung.

Satu lagi, dari mantan atasan almarhum di Pemkot Bandarlampung, mantan Walikota Bandarlampung Herman HN, yang berkirim ucapan duka cita atas nama dirinya selaku Ketua DPW Partai NasDem Lampung.

Baca Juga:  Universitas Muhammadiyah Lampung Terus Menuju Berkemajuan

Seseorang berseragam oranye khas BPBD, tertangkap kamera terduduk murung di sisi salah satu papan karangan bunga ucapan. Sorot matanya tertuju ke hilir mudik pelayat: PPKL dan ASN Pemkot Bandarlampung baik dari BPBD Kota maupun lintas OPD, yang membaur bersama kerabat dan tetangga dekat rumah duka. Dua buah tarub, tampak tengah buru-buru dipasang di badan jalan yang kini jadi zona macet pagi dan siang itu.

Turut menyampaikan bela sungkawa, Ketua Forum Relawan Bencana (FRB) Lampung, Deni Ribowo. “Semoga almarhum diterima di sisiNya, jasa dan pengabdian almarhum semasa hidup menjadi ladang pahala beliau di Yaumil Akhir. Aamiin,” ujar Deni Ribowo, anggota DPRD Lampung ini, didampingi Koordinator Divisi Komunikasi dan Informasi FRB Lampung, Muzzamil, Kamis pagi.

Jodoh, rezeki, dan maut, kuasa Allah Ta’ala. Selamat jalan, Syamsul Rahman. Kini ‘bebas tugas’ pelaksana, tunai sudah janji bakti. Semoga husnul khatimah. Aamiin. [red/Muzzamil]

Youtube:Lampungvisual.com

 230 kali dilihat