klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Bersihkan Saluran Pintu Air, Solusi Babinsa Posramil 05/PC Tingkatkan Produksi Sektor Pertanian

Bersihkan Saluran Pintu Air, Solusi Babinsa Posramil 05/PC Tingkatkan Produksi Sektor Pertanian
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)
Cuaca mendung tak membendung semangat Babinsa Posramil 05/PC Kodim 0105/Abar Koptu Muhammad Nazir membantu para Petani membersihkan saluran Skunder (Pintu masuk air) sebagai upaya meningkatkan produksivitas lahan persawahan yang ada di wilayah Kecamatan Pante Ceureumen dalam menunjang program ketahanan pangan nasional, Sabtu (30/7/2022)

Sumber air merupakan kebutuhan vital bagi tanaman Padi, apalagi kultur Sawahnya dalam nominasi tadah hujan. Hal inilah yang mendasari Koptu Muhammad Nazir mengajak anggota Kelompok Tani (Poktan) binaannya untuk turun membersihkan saluran Skunder dan saluran Primer dengan cara membersihkan Pintu keluar – masuk Irigasi yang mulai tertutupi sampah tak bertuan.

Baca Juga:  Jelang Penutupan TMMD Ke-108 Dan Menyambut HUT RI Ke-75, Satgas dan Warga Pasang Umbul-Umbul Di Desa Lango

“Irigasi merupakan jalur penyedia bahan baku air pertanian yang harus terus dijaga kebersihannnya agar lajunya tidak terhambat. Saluran induknya harus beres, selebihnya saluran Tersier atau anak – anaknya sudah menjadi tanggung jawab masing – masing Petani”, terang Koptu M. Nazir

Menurutnya, apa yang dilakukannya ini diharapkan mampu membantu mendongkrak peningkatan hasil panen sehingga muaranyapun akan menjamin kesejahteraan Petani itu sendiri.

Baca Juga:  Letkol Inf Dimar Bahtera Resmi Jabat Dandim 0105/Aceh Barat

“Misi pendampingan yang Kami lakukan ini pada intinya adalah untuk membangkitkan motivasi Petani dalam mengolah dan merawat lahan pertaniannya. Ini sesuai instruksi dari Pimpinan dalam hal ini Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., yang memerintahkan jajaran Babinsa untuk memonitor dan melahirkan solusi manakala Petani mendapati kendala di lapangan. Sehingga, keluh kesah Petani dapat diminimalisir sejak dini”, ucap Koptu M. Nazir lebih gamblang

Mudah – mudahan usai kerjasama yang apik ini, Koptu M. Nazir berharap kebutuhan air di Sawah Petani dapat terpenuhi guna menunjang kesuburan pertumbuhan tanaman yang menghasilkan bulir – bulir Padi berkualitas..(rl)

 70 kali dilihat