Bupati Lampung Utara, Menyerahan Bantuan dana Pembinaan BUMDes Percontohan

LAMPUNG UTARA

LAMPUNGVISUAL.COM,Lampung Utara-Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan dana pembinaan BUMDes percontohan dan pengukuhan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten. Senin (15/5/2017).

Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., menyerahkan secara simbolis bantuan dana pembinaan bagi 23 BUMDes percontohan di Kabupaten Lampung Utara pada acara penyerahan bantuan dana pembinaan BUMDes percontohan dan pengukuhan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten. Senin (15/5/2017).

Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., mengukuhkan Kepengurusan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara pada acara penyerahan bantuan dana pembinaan BUMDes percontohan dan pengukuhan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten. Senin (15/5/2017).

Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., menghadiri acara penyerahan bantuan dana pembinaan BUMDes percontohan dan pengukuhan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Utara. Hadir Asisten I, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Utara. Senin (15/5/2017).

Baca Juga:  Ketua PKK Lampura, optimis desa Semuli jaya menjadi pemenang Lomba Kesrak

Dalam laporannya, Ketua Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lampung Utara, Ir.H. Wahab, MM., mengatakan BUMDes yang telah terbentuk di Kabupaten Lampung Utara yaitu berjumlah 136 Desa dari 232 Desa se-Kabupaten Lampung Utara.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Utara menyerahkan secara simbolis bantuan dana pembinaan bagi 23 BUMDes percontohan di Kabupaten Lampung Utara, sekaligus mengukuhkan Kepengurusan Forum Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara mengatakan Teknologi merupakan salah satu faktor pendorong perubahan, baik perubahan di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat. Alih teknologi dalam rangka percepatan pembangunan masyarakat memiliki peran penting, khususnya di Kabupaten lampung Utara. Penyerahan Bantuan Dana Pembinaan BUMDes Percontohan ini, merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Lampung Utara. BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di Desa. Maksud dari pendirian BUMDes sebagai upaya menampung seluruh kegiatan dibidang ekonomi maupun pelayanan umum yang dikelola oleh Desa atau kerjasama antar Desa, dengan tujuan meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa.

Baca Juga:  Satrekrim Polres Lampura temukan mobil yang diduga kuat digunakan pelaku membuang jenazah Dufi

“saya berharap kiranya bantuan pembinaan ini dapat semakin mengoptimalkan kinerja BUMDes, sehingga semakin maju dan berkembang.” Kata Bupati

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Utara menjelaskan  dengan dikukuhkan Kepengurusan Forum Posyantek Kabupaten Lampung Utara, saya harapkan dapat lebih  meningkatkan peran dan kreasi dalam menggali potensi-potensi yang ada di desa.

“Jadikan forum ini sebagai wadah dalam menuangkan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) di masyarakat” Ucapnya.

Dijelaskannya, kepada  Kepengurusan Forum Posyantek Kabupaten Lampung Utara yang baru dikukuhkan dapat menghadapi tantangan, seperti bagaimana caranya untuk membawa nama baik Lampung Utara dan membuat teknologi yang nanti bisa didemontrasikan ditingkat Nasional. Bupati juga berpesan kepada para pengolah BUMDes dan para Kepala Desa agar dapat menjaga kebersamaan dan jangan sampai terjadi kesalahfahaman yang dapat merugikan masyarakat Lampung Utara dan dapat mengolah dana yang diberikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhannya.

Diakhir sambutannya, Bupati Lampung Utara mengucapkan selamat atas pengukuhan Forum Posyantek Kabupaten Lampung Utara.

Baca Juga:  Pemkab Lampura tidak lagi keluarkan Izin Rekomendasi keramaian

“Saya ucapkan selamat bekerja kepada Pengurus Forum Posyantek Kabupaten Lampung Utara, dan saya berharap agar dapat bekerja nyata dalam mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah perdesaan  Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai ini dan kepada Satker yang terkait dapat membantu pembinaan agar dapat semakin mengoptimalkan kinerja BUMDes sehingga semakin maju dan berkembang.” Ucap Bupati

Kepada awak media, Bupati Lampung Utara mengungkapkan harapannya agar dana yang diberikan dapat memotivasi BUMDes Lampung Utara untuk lebih giat menggali potensi-potensi yang ada di Desanya demi kesejahteraan Desanya dan pengurus Forum Posyantek yang baru dilantik dapat mengembangkan ilmunya dalam mengembangkan teknologi-teknologi baru yang bermanfaat untuk rakyat dan mudah untuk diciptakan serta mudah diingat sehingga benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh kepentingan rakyat Lampung Utara, dan selanjutnya dapat ditampilkan ditingkat Nasional dan mampu mengharumkan nama Lampung Utara.(Humas)

 951 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.