Bupati Memberikan Bantuan Seni Kulintang

LAMPUNG UTARA

Lampungvisual.com-Untuk melestarikan kesenian Budaya Lampung, Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP., MH., memberikan bantuan berupa Alat Seni Kulintang untuk tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Utara. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Desa Ketapang Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Selasa (6/12/2016). Tiga kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut antara lain, Kecamatan Sungkai Selatan, Kecamatan Sungkai Utara dan Kecamatan Sungkai Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara mengatakan bahwa Indonesia lahir dari keberagaman dan perbedaan suku bangsa dan agama. Itu yang membuat Negara ini kaya, tapi dengan perbedaan yang ada jangan sampai membuat persatuan dan kesatuan masyarakat hancur.

Sama halnya dengan budaya. Setiap Suku mempunyai Budaya masing-masing yang harus dijaga dan dilestarikan. Bupati mengungkapkan dengan penyerahan bantuan Alat Seni Kulintang ini dapat semakin melestarikan kesenian tradisional budaya Lampung,  khususnya Lampung Utara.

Baca Juga:  Peringatan Hari Veteran Nasional, Pemkab Lampura gelar Upacara

Selain itu, Bupati juga menyarankan agar masyarakat Lampung Utara dapat bekerja sama untuk memperbaiki rumah adat agar tidak hilang nilai budayanya sekaligus melestarikan budaya untuk generasi dimasa depan.

Walau setiap suku di Lampung Utara ini berbeda-beda tapi sebagai sesama masyarakat Lampung, masyarakat harus menjaga dan mengenalkan kebudayaan Lampung kepada muda-mudi Lampung yang ternyata masih banyak yang tidak mengenal dan memahami adat istiadat kebudayaan Lampung itu sendiri.

Namun melihat kenyataan bahwa para generasi muda bangsa Indonesia saat ini lebih memilih kebudayaan asing yang mereka anggap lebih menarik, ataupun lebih unik dan praktis, kebudayaan lokal banyak yang luntur akibat tidak ada generasi penerus yang akan mewarisinya. Sebab, dengan melestarikan budaya lokal maka kita bisa menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya asing, dan menjaga agar budaya kita mudah terkikis dan tidak diakui oleh Negara lain.

Baca Juga:  Sosialisasikan Kurikulum MBKM, UMKO Adakan Lokakarya Bersama Stakeholder Internal

Maka dari itu, perlunya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya lokal adalah kewajiban setiap lapisan masyarakat, dimana peran setiap kita yang terus berusaha untuk mewarisi kekuatan budaya lokal akan menjadi kekuatan budaya itu untuk tetap ada. Contohnya dengan melestarikan seni Kulintang yang biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat, baik sebagai pengiring dalam menyambut tamu, mengiringi pelepasan gadis atau bujang, dan acara-acara adat lainnya.

Baca Juga:  Polres Lampung Utara Berhasil Amankan Pelaku Begal Motor

“dengan diserahkannya peralatan seni kulintang pada hari ini, dapat membantu menumbuhkan kesadaran kita semua akan pentingnya menjaga adat budaya seni daerah, sehingga kedepannya Provinsi Lampung, khususnya Lampung Utara dapat lebih terasa nilai budaya dan nuansa tradisionalnya”harap Agung

Sebelum mengakhiri sambutannya, agung memberi pesan “ayo mari bersama-sama menjaga kelestarian adat budaya Lampung Utara, sebab itu merupakan tugas kita bersama untuk kemajuan Lampung Utara dibidang Kesenian” Pesan Agung. (Red/Hum)

 610 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.