Cek Persiapan Sidang Tahunan DPR, Puan Ungkap Makna Penggunaan Ornamen Batik Khas Yogyakarta

Cek Persiapan Sidang Tahunan DPR, Puan Ungkap Makna Penggunaan Ornamen Batik Khas Yogyakarta
JAKARTA

Jakarat, (LV) Ketua DPR RI Puan Maharani hari ini mengecek persiapan Sidang Tahunan yang akan diselenggarakan pada 16 Agustus 2022. Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD tahun ini menjadi Sidang Tahunan pertama yang dihadiri seluruh anggota setelah selama pandemi Covid-19 diselenggarakan secara terbatas.

Bersama sejumlah Wakil Ketua DPR RI, Puan hari ini mengikuti rapat persiapan Sidang Tahunan 2022 di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Usai rapat, Puan didampingi pimpinan DPR lainnya meninjau Ruang Paripurna Gedung Nusantara yang akan menjadi lokasi Sidang Tahunan.

“DPR sudah sangat siap menyelenggarakan Sidang Tahunan 2022 yang merupakan amanat dari Tata Tertib MPR Nomor 1 Tahun 2014,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu menyatakan, persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan 2022 telah dilakukan sejak jauh hari. Puan merinci, mulai dari persiapan lokasi, perlengkapan dan peralatan pendukung sidang.

“Termasuk dari sisi pengamanan kegiatan yang telah dilakukan dengan optimal mengingat Sidang Tahunan akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, jajaran menteri, dan para duta besar negara sahabat,” ucapnya.

Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD kali ini akan menggunakan ornamen batik kawung khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ornamen batik kawung itu akan ditampilkan di dalam lobby gedung DPR.

“Di setiap acara yang diselenggarakan DPR memang selalu bernuansa nusantara karena kami ingin kekhasan Indonesia selalu ada di tiap-tiap event yang kita selenggarakan,” jelas Puan.

Sidang Tahunan 2021 diketahui mengambil tema nuansa Kalimantan. Puan mengatakan, ornamen penghias acara juga tidak bersifat berlebihan.

“Tentunya kita buat semenarik mungkin tapi tetap menunjukkan kesederhanaan. Karena Sidang Tahunan juga sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT RI, kita ingin nuansa nusantara cukup terasa,” sebut mantan Menko PMK itu.

Setelah 2 tahun menjalani proses persidangan di tengah situasi pandemi Covid-19, Sidang Tahunan 2022 akan digelar secara luring untuk 100% undangan. Sidang Tahunan 2022 akan diikuti oleh 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, jajaran menteri, dan pimpinan lembaga tinggi negara.

Selain itu, Sidang Tahunan juga mengundang 103 duta besar, para mantan presiden dan wakil presiden, hingga para ketua umum partai politik. DPR memastikan Sidang Tahunan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Para tamu undangan diwajibkan melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti sidang tahunan. Dan protokol kesehatan akan kita jaga betul,” terang Puan.

Adapun agenda sidang tersebut yakni Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI-DPD RI, serta Sidang Paripurna DPR RI terkait Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya. Puan mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyaksikan Sidang Tahunan 2022 yang nantinya akan disiarkan secara langsung.

“Sidang Tahunan merupakan sarana komunikasi pemerintah untuk bisa menyampaikan hasil kerjanya secara langsung kepada rakyat,” ungkap cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

“Dengan adanya Sidang Tahunan 2022, seluruh rakyat Indonesia dapat mengetahui bagaimana kinerja pelaksanaan wewenang dan tanggung jawab dari setiap lembaga negara selama satu tahun terakhir,” tutup Puan. (*)