Curah Hujan Tinggi Babinsa Beri Himbauan Waspada Kepada Warga Binaan

Curah Hujan Tinggi Babinsa Beri Himbauan Waspada Kepada Warga Binaan
JAWA TENGAH

Sragen, (LV) –
Terkait dengan kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan dan kadang tidak menentu, Serka Waryono Babinsa Pilang Koramil 03/Masaran Kodim 0725/Sragen melakukan Serbuan teritorial dengan komunikasi sosial menyampaikan himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan memasuki musim penghujan kapada warga di Dk. Pilang Kidul RT 10, Desa Pilang, Kecamatan Masaran. Senin, (02/01/2023).

Waspada terhadap potensi bahaya angin puting beliung saat memasuki pergantian musim. Meskipun kemunculan fenomena ini tidak dapat diprediksi, namun dapat mengenali tanda-tanda sebelum datangnya angin puting beliung.

Baca Juga:  Jalan Bakti Juang TMMD Diresmikan - Pendapatan Pedagang Kelontong Keliling Bertambah

Serka Waryono mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi ketika memasuki pergantian musim, seperti dari musim hujan ke musim kemarau. Menurut dia, masyarakat dapat memperhatikan tanda-tanda potensi angin puting beliung dapat terjadi.

“Umumnya dirasakan pada pagi hari apabila kemudian udara sejuk berubah panas. Tanda lainnya dapat dilihat pada kondisi awan di langit. Apabila tidak terlalu berawan dan kemudian pada siang hari atau menjelang sore, ada pertumbuhan awan cepat disertai hembusan udara dingin,” kata Serka Waryono.

Baca Juga:  Minta Petuah Petani Sebelum TMMD Reg-109 Karanganyar Usai

Gejala lain, apabila merasakan arah dan kecepatan angin yang semula bertiup stabil dari arah tertentu dengan kecepatan konstan, tiba-tiba pada siang atau sore hari berubah arah dan bertiup lebih kencang.

“Ketika angin puting beliung berlangsung, segera amankan diri menuju ke bangunan yang kokoh. Jangan berada di bawah pohon atau pun papan reklame ketika angin kencang terjadi,“ tuturnya.

“Perhatikan juga apabila berteduh di bawah bangunan yang terbuka, hindari potensi terkena material lain, seperti lembaran seng yang dapat tertiup angin. Kerusakan dengan tingkat berat dapat terjadi pada rumah warga dengan struktur bangunan dan material tertentu.” Pungkasnya.

Baca Juga:  PLN Siapkan Listrik Zero Down Time Saat Penyelenggaraan ETWG G20 di Jateng dan DIY

(Agus Kemplu)

 214 kali dilihat

Tagged