Dandim 0105/Abar Bersama Pembina RTA Dorong Petani Tanam 3 Kali Dalam Setahun

Dandim 0105/Abar Bersama Pembina RTA Dorong Petani Tanam 3 Kali Dalam Setahun
ACEH BARAT

Aceh Barat (LV) – Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., bersama Amiruddin ST selaku Pembina Rumah Tani Amiruddin (RTA) memberikan Penyuluhan Peningkatan Ketahanan Pangan Sektor Tanaman Padi untuk mendorong para Petani agar menanam Padi 3 kali dalam setahun. Kegiatan berlangsung di Kantor Keuchik Desa Leuken Kecamatan Samatiga, Jum’at (14/5/2022)

Sistem penanaman Padi 3 kali dalam setahun ini merupakan salah satu terobosan Pembina Rumah Tani Amiruddin (RTA) dengan menggandeng Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dalam mewujudkan mimpi Petani dan meningkatkan produksi hasil panen Padi. Yang tak lain bertujuan untuk memperkuat Ketahanan Pangan skala daerah maupun nasional.

Berdasarkan pengkajian Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, lahan di Aceh Barat khususnya di wilayah Samatiga memiliki unsur tanah yang subur dan cukup baik. Oleh sebab itu, bukan hal mustahil untuk menerapkan tanam Padi 3 kali dalam setahun.

Baca Juga:  Dapat Bantuan Kaki Palsu Dari Dandim 0105/Abar, Semangat Hidup Hasnawati Serasa Bangkit Lagi

“Tadi Kita sudah berbincang – bincang dengan Petani, dalam satu musim tanam bisa menghasilkan rupiah diatas 20 juta. Jika dikalkulasikan tanam 2 kali setahun maka dapat meraup Rp. 40 juta dan rentan waktunya tetap sama dalam setahun. Jadi, kalaulah tanam Padi 3 kali setahun, maka benar-benar menambah produksi dan penghasilan melimpah ruah bagi Petani”, gamblang Dandim

Dandim menyebutkan untuk mewujudkan program penanaman Padi 3 kali setahun tentunya harus didukung dengan ketersediaan air, dan untuk itu, Dandim siap membantu Alat Hand Tracktor dan Satu Unit Jonder sebagai Alsintan pengelolaan tanah serta mengoptimalkan program penanaman padi masyarakat untuk panen tiga kali dalam satu tahun.

Baca Juga:  Dandim Aceh Barat Ikuti Vicon Rakornas Bahas Penanggulangan Covid-19

“Untuk menambah kapasitas produksi dan mewujudkan ini semua, Kami dari Kodim 0105/Abar akan siap membantu baik melalui Alsintan maupun pendampingan – pendampingan mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman hingga pemanenan. Kami akan mendukung penuh apa yang sudah digalakan oleh Rumah Tani Amiruddin”, ujar Dandim

Menyambung arahan dan bimbingan dari Dandim, Amiruddin ST telah menyiapkan langkah – langkah inovatif agar para Petani mau memanfaatkan lahan – lahan yang belum optimal dan menambah kapasitas produksinya.

“Mari Kita tingkatkan Ketahanan Pangan sektor Padi di wilayah Aceh Barat dengan merealisasikan tanam Padi 3 kali dalam setahun. Selaku Pembina RTA, Kami bersama Bapak Dandim akan siap mendampingi Petani tidak hanya melalui penyuluhan ataupun pertemuan kelompok namun akan mendatangi Petani secara langsung guna memberikan arahan hingga praktik mengenai komoditi tanaman, pengendalian hama sampai mengecek penyakit tanaman”, janji Amiruddin ST. (R/YP)

 52 kali dilihat

Tagged