Dandim 0726/Sukoharjo berikan materi Wasbang di depan Taruna/Taruni APN Surakarta.*

Dandim 0726/Sukoharjo berikan materi Wasbang di depan Taruna/Taruni APN Surakarta.*
JAWA TENGAH

Sukoharjo, (LV)
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E, memberikan materi dalam kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Taruna/Taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN SURAKARTA) bertempat di Hotel Pramesti Kartasura, Kab. Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut Letkol Czi Salamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo) dalam materinya menyampaikan ruang lingkup pemaparannya tentang wawasan kebangsaan dalam lingkup kondisi global, kondisi nasional serta peran pemuda menghadapi kondisi pada saat ini & akan datang.

Dikatakan oleh Dandim bahwa jumlah penduduk dunia terus bertambah, berdasarkan data World Population Prospects penduduk dunia sudah mencapai 8 Miliyar Pada Tahun 2022. Sementara itu Kondisi alam banyak yang rusak diperparah dengan adanya polusi udara, polusi di laut, sungai dan danau.

Baca Juga:  Sinergi Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Desa Temboro Dampingi Warganya Terima Vaksin

Sementara saat ini pandemi covid 19 juga belum usai dan Perang Rusia – Ukraina diperkirakan akan berlangsung lama, turut mempengaruhi kondisi global saat ini. Dunia dihadapkan pada kenaikan harga pangan dan energi yg diperkirakan dapat berlangsung lama serta tantangan perlambatan ekonomi.

Kenaikan harga energi dan bahan pangan berdampak tidak hanya pada krisis ekonomi, tetapi juga krisis politik di negara berkembang. Inflasi akan menjadi tantangan terbesar, inflasi pangan telah meningkat dan ada potensi kenaikan inflasi energi.

Baca Juga:  Babinsa Purwosari Berikan Himbauan Prokes Kepada Pengunjung Dan Karyawan Indomaret

Sementara itu Indonesia sebagai Negara memiliki sumber kekayaan yang melimpah. Meliputu kekayaan Hayati maupun Non hayati.

Diperkirakan pada tahun 2039 penduduk dunia akan mencapai 11,6 miliar dan 9,2 miliar manusia hidup di daerah non tropis. Saat krisi terjadi mereka akan mencari pangan, air & energi di daerah ekuator, sehingga kita dihadapkan pada perang masa kini yaitu perang energi,perang pangan, air dan energi (bio energi) yang akan terjadi disekitar khatulistiwa.

Kekayaan alam Indonesia suatu saat akan membuat iri negara-negara di dunia, kaya sumber daya alam justru dapat menjadi petaka buat kita jika tidak kita antisipasi, untuk itu kita harus terus waspada menyikapi segala Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan terhadap bangsa dan Negara Indonesia.

Baca Juga:  Dua Anggota Satgas TMMD Reg-109 Jatiwarno Belajar Pecah Batu

Selain itu kita harus selalu tanamkan kebanggaan sebagai bangsa indonesia sebagai cara berpikir, berperilaku, dan bersikap yang menunjukkan loyalitas dan perhatian yang tinggi terhadap bahasa, masyarakat, budaya, ekonomi, dan politik Indonesia.

Pancasila harus senantiasa diamalkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mengutip pernyataan Bung Karno “Perjuanganku akan lebih mudah mengusir panjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

(Kemplu)

 46 kali dilihat