Danramil 05 Weru Dampingi Tim dari Korem 074/Wrt dan PT. SHA Solo, Deteksi sumber air bawah tanah di dukuh Serut

Danramil 05 Weru Dampingi Tim dari Korem 074/Wrt dan PT. SHA Solo, Deteksi sumber air bawah tanah di dukuh Serut
JAWA TENGAH

Sukoharjo (02/09/22) Kapten Inf Sumardi Danramil 05 Weru mendampingi Mayor Nurul Mutahar S Ag, M. Pd Pasi Komsos Sterem 074/Wrt dalam pelaksanaan Kegiatan Pendektesian Sumber Mata Air dari PT. SHA Anak Cabang Pertamina Surakarta dengan menggunakan alat Geolistrik ADMT dalam rangka pembuatan Sumur Bor untuk warga di Dk Serut Rt 03/08, Ds Jatingarang Kec. Weru, Kabupaten Sukoharjo.

Dalam mapping ini, digunakan alat geolistrik berupa resistivity meter berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sumber air di dalam tanah. Kegiatan pendeteksian dimulai sejak pukul 19.00 wib dengan titik survey di Dukuh Serut RT 03/08, Ds Jatingarang dengan kedalamam 200 meter ditemukan sumber air di kedalaman 70-80 meter dengan debit/volume air besar dengan kualitas bagus.

Baca Juga:  Harus Ikuti SOP Saat Berkegiatan di TMMD Tambakselo

“Menurut keterangan dari Tim, bahwa penyelidikan dengan alat geolistrik ini sebagai pendahuluan untuk memperoleh informasi data di bawah permukaan tanah yang menyangkut struktur geologinya, informasi yang diperoleh dari penyelidikan geolistrik ini akan sangat membantu didalam menentukan langkah untuk pelaksanaan pemboran selanjutnya,” tukas Mayor Nurul Mutahar S Ag, M. Pd.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Mayor Nurul Mutahar S Ag, M. Pd., Kapten Inf Sumardi Danramil 05/ Weru, Bapak Sriyanto, SE Sekcam Kecamatan Weru, 1 Tim dari Pertamina, Bp Slamet Riyadi Kepala Desa Jatingarang, Serda Bayu Irman Babinsa Jatingarang, Bripka Sriyanto Babinkanrtibmas serta perwakilan 3 orang warga.

Baca Juga:  Komunikasi Sosial dengan Ketua RT, Babinsa Himbau Penerapan Prokes

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Cara kerjanya adalah dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam tanah untuk kemudian dibaca alat.

(Agus Kemplu)

 53 kali dilihat