Dua Dosen Kembangkan Aplikasi DiTES LLDIKTI Wilayah II Palembang

Dua Dosen Kembangkan Aplikasi DiTES LLDIKTI Wilayah II Palembang
BANDAR LAMPUNG PENDIDIKAN

Bandar Lampung (LV) –

Dosen dan staf IT Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bersama dengan dosen Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) melakukan pengembangan terhadap aplikasi Digital Tracking Equipment System (DiTES) Generasi ke-2 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 2 Palembang yang telah dilaunching beberapa hari lalu.

Joko Triloka, Ph.D., dan M. Galih Ramaputra, S.Kom., M.T.I., berperan dalam menganalisis keseluruhan sistem, proses bisnis, desain, coding hingga pengujian sistem. “Aplikasi DiTES merupakan aplikasi pengurusan administrasi dan usulan layanan dalam bentuk dokumen yang dilakukan secara online,” ungkapnya.

Doktor lulusan Universiti Brunei Darussalam ini menjelaskan sebanyak 27 layanan dapat dilakukan secara online untuk kepengurusan administrasi dosen dan perguruan tinggi. Seperti, layanan inpassing dan penyetaraan pangkat dosen, dan layanan pindah homebase dosen tetap yayasan.

Baca Juga:  Sejumlah Sekolah di Lampura butuhkan perhatian pemerintah

Selain itu, layanan usulan tugas dan izin belajar bagi dosen tetap yayasan, rekomendasi pembukaan program studi baru dan lain sebagainya. “Aplikasi DiTES diperuntukkan bagi seluruh dosen dan operator Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan LLDIKTI Wilayah 2,” ujarnya.

Dalam pengembangan tersebut, lanjut Joko, Tim IT IIB Darmajaya juga memastikan bisnis proses yang diinginkan client sesuai garis besar dan detailnya. Kemudian, memvalidasi kepada client dan diterjemahkan menjadi wujud diagram.

Baca Juga:  Resmi Dibuka, Darmajaya Open Tournament & Festival Karate 2019 Diikuti Ribuan Karateka

Kepala Biro ICT ini juga menjelaskan dirinya bersama M. Galih juga menganalisis kebutuhan database yang dituangkan ke dalam ERD, kebutuhan networking dan infrastruktur. “Mendokumentasikan hasil analisis agar dapat digunakan oleh backend programmer. Backend programmer kemudian membangun sisi tersebut serta mengimplementasikan database dan bisnis proses yang sudah didetailkan oleh system analyst,” tuturnya.

Joko menambahkan aplikasi DiTES ini sangat mempermudah dosen dan operator PTS dalam kepengurusan surat menyurat karena dilakukan secara online tanpa perlu mengirimkan berkas dan dokumen secara manual melalui jasa pengiriman darat. Selain itu, aplikasi ini memiliki kode pelacakan usulan.“Dengan kode lacak tersebut, dosen maupun operator PTS dapat melihat update status usulan/pengajuan mulai dari awal hingga usulan/pengajuan mendapat persetujuan/rekomendasi dari Kepala LLDikti Wilayah 2 Palembang dalam bentuk Surat Keputusan/Surat Rekomendasi. Dosen atau operator PT kemudian dapat mengunduh langsung SK tersebut dari dashboardnya,” pungkasnya. (*)

 82 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini