Embung Cintamanis Disulap menjadi Area Wisata Edukasi

Embung Cintamanis Disulap menjadi Area Wisata Edukasi
LAMPUNG UTARA

Lampung Utara, (LV) –

Embung merupakan sarana yang memiliki fungsi normalisasi dan menjaga kualitas air, pencegahan banjir, juga berfungsi sebagai pengairan. Seperti Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, memiliki embung yang dikenal dengan embung Cintamanis.

Saat ini, keberadaan embung Cintamanis juga difungsikan sebagai aset wisata lokal desa setempat. Berbagai pembenahan telah dilakukan. Belakangan, embung Cintamanis mulai ramai dikunjungi warga setempat.

Baik sekadar untuk melepaskan penat di kala sore hari sepulang dari menunaikan rutinitas, maupun yang dengan sengaja mengunjunginya untuk mengabadikan panorama alam yang alami.

Baca Juga:  Sosialisasikan Kurikulum MBKM, UMKO Adakan Lokakarya Bersama Stakeholder Internal

Menurut Kepala Desa Sawojajar, Hi. Mulyanto, pihaknya sedang merencanakan untuk pengembangan embung Cintamanis.

“Sebenarnya, pengembangan dan pembenahan area embung Cintamanis sudah dimulai sejak dua tahun belakangan ini,” kata Hi. Mulyanto, saat berbincang santai, di lokasi embung, Sabtu, 22 Januari 2022.

Ia menambahkan, wajah embung Cintamanis saat ini sudah banyak perubahan.

“Ada taman-taman kecil. Kami juga membuat beberapa spot untuk warga berswafoto, memasuki area embung Cintamanis, nuansa wisata yang asri dapat dirasakan, ” kata dia.

Baca Juga:  Dengan tema " Memutus mata rantai covid 19" LPSM Lampung Gelar Penyuluhan Kesehatan

Pihak Pemerintahan Desa Sawojajar bersama warga setempat membuat terowongan berbahan bambu yang mulai dirambati tanaman buah.

“Terowongan dan beberapa spot swafoto yang ada di lingkungan embung Cintamanis ini kami buat dengan swadaya,” ucap Hi. Mulyanto.

Mulyanto menerangkan, pihaknya sedang menyusun perencanaan embung Cintamanis untuk dijadikan area wisata edukasi dan sport centre.

“Perencanaannya sedang disusun. Mudah-mudahan dalam tahun ini secara bertahap dapat kami realisasikan beberapa infrastruktur pendukung,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan akan mengajak berbagai pihak bekerjasama dan berinvestasi.

Baca Juga:  Bupati Lampung Utara Sabet Dua Penghargaan Penanganan Covid-19

“Kami akan mengajukan kerjasama dengan berbagai pihak. Baik dalam bentuk penanaman modal, maupun pengajuan dalam bentuk bantuan dan/atau sejenisnya,” pungkas Mulyanto.

Dengan demikian diharapkan area embung Cintamanis menjadi destinasi wisata edukasi dan sport centre dapat terealisasi dengan maksimal.

(Andrian Folta)

 155 kali dilihat

Tagged