klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Fakta Malas Cuci Motor Bisa Merusak Sokbreker

Fakta Malas Cuci Motor Bisa Merusak Sokbreker
OTOMOTIFPRODUK & JASA

Way Kanan, (LV)
Rutin mencuci motor sesungguhnya wajib hukumnya. Apalagi di kala musim hujan sudah datang, sepeda motor wajib mendapat perhatian lebih untuk dibersihkan. Minimal jangan membiarkan motor dalam keadaan kotor. Dan harus segera dicuci dan dibersihkan begitu masuk rumah, selepas dipakai seharian.

Sebab apabila membiarkan motor terlalu lama kotor, dan berdebu, ini akan dengan cepat mengakibatkan salah satu komponen motor jadi cepat rusak. Ujung-ujungnya sebagai pemilik, kamu juga yag harus mengeluarkan uang lebih banyak buat servis atau penggantian komponen baru.

Baca Juga:  Segera Miliki New Honda PCX 160 HANYA di Dealer Honda TDM Way Kanan

Harus dipahami, bahwa kotoran atau debu yang menempel, terutama pada as bisa menyebabkan sokbreker cepat rusak. Oleh karena itu, jika motor terlihat kotor, terlebih sehabis hujan segeralah cuci. Karena ini merupakan waktu yang paling krusial untuk menghindari terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan.

Soalnya saat sokbreker bekerja, debu tersebut akan ikut tergesek di antara as dan karet sil. Efek negatifnya, lama-kelamaan, karet sil akan rusak dan saat itu pula oli di dalam sokbreker bisa keluar. Sil sokbreker depan sesungguhnya berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar.

Baca Juga:  Tiga Pembicara University of Zagreb akan Isi Kuliah Umum di Darmajaya

Apabila sil sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman. Padahal perawatan bagian ini gampang sekali. Cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hinggal kering. Dan sebaiknya ini dilakukan setiap hari, terutama sehabis motor digunakan melewati hujan.

Jadi, sebaiknya jangan malas lagi ya. Segera cuci motor begitu kelihatan berdebu. Tutup Yanuar Apriza – Kepala Cabang TDM Honda Way Kanan.(*)

 68 kali dilihat