Filter Oli Mesin Motor Kurang Kencang, Ini Dampaknya

OTOMOTIF

Lampung Selatan –
Setiap dua kali ganti oli mesin, filter memang harus diganti dengan yang baru. Penggantian dan pemasangan filter yang baru tersebut pun harus dilakukan dengan tepat agar terpasang secara benar.

Ketika memasangnya, Anda harus memastikan posisi filter sejajar dengan ulir pada mesin. Anda bisa melakukannya secara manual menggunakan tangan. Selanjutnya, barulah pakai kunci khusus agar filter oli bisa terpasang dengan kencang di mesin.

Efek buruk filter oli mesin yang tidak terpasang kencang
Meski idealnya pemasangan filter oli mesin motor harus dilakukan dengan bantuan kunci khusus, masih ada saja pemilik motor atau teknisi yang melakukannya dengan tangan kosong. Padahal tanpa kunci khusus, filter bisa saja kendur dan semakin tidak kencang seiring dengan pemakaian motor. Lantas, ini dia efek buruk selanjutnya.

Baca Juga:  VIRTUAL EXPO TUNAS HONDA LAMPUNG Hadir di Dealer Tunas Honda Tulang Bawang

1. Oli mesin rembes
Ketika filter oli mesin motor tidak terpasang dengan sempurna, oli mesin pun bisa rembes. Bahkan Anda mungkin tidak menyadarinya, hingga oli akhirnya tinggal tersisa sedikit. Oli mesin jadi merembes lewat celah filter, karena filter tidak terpasang dengan kencang.

2. Mesin jadi jebol
Efek buruk selanjutnya adalah komponen mesin kekurangan pelumas, karena rembesnya oli mesin tadi. Akibatnya, selain kekurangan oli, mesin pun akhirnya bisa jebol.

Baca Juga:  INI PERBEDAAN ANTARA HONDA PCX CBS & ABS

Ngeri juga kan, efeknya? Padahal selama ini banyak yang pede-pede saja, dengan memasang filter oli mesin menggunakan tangan kosong. Kalau Anda melihat mekanik melakukannya, ingatkan untuk menggunakan kunci khusus.

Pentingnya filter oli mesin motor
Filter oli mesin motor memang termasuk komponen yang tidak boleh luput dari perhatian dan perawatan. Fungsinya pun sangat penting dalam menyaring kotoran yang berpotensi masuk ke oli mesin. Jadi, kehadiran filter ini bisa memastikan oli mesin dalam kondisi bersih.

Baca Juga:  MANTAAB! BOSKHU BONUS SEPTEMBER KONSUMEN HONDA PEMATANG PASIR UNTUNG

Tak hanya berhenti sampai di situ. Ternyata, filter oli mesin pun ikut menentukan performa motor. Jadi, jika memang usianya sudah lama, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru. Soalnya jika sudah lama, filter pun bisa mengalami penyumbatan. Tambah Yogi – Kepala Cabang TDM Honda Sidomulyo

 87 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tagged