Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM
BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung, (LV) — Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, menjadi salah satu narasumber dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 secara Virtual bertempat di Ruang Command Center Lt. II Diskominfotik Provinsi Lampung, Senin (20/06/2022).

Pada kesempatan tersebut Forum Merdeka Barat 9 menggelar diskusi dengan tema “BBI, Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM” yang membahas mengenai pembinaan Kementerian Perindustrian dalam mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan dikampanyekan melalui Lagawifest yang direncanakan akan berlangsung di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung pada Kamis, 23 Juni 2022 nanti.

Yeni Ranita, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, menyampaikan latar belakang pembentukan BBI, “Gernas BBI berawal karna adanya pandemi covid-19 pada Maret 2020 lalu, dan sebagaimana yang dikatakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Mei 2020, bahwa bagaimana cara pemerintah mendorong IKM yang ada menjadi basis perekonomian rakyat ditengah pandemi. Sehingga pemerintah berusaha membantu IKM menyajikan produknya ditengah pandemi dan menjangkau pasar yang lebih luas.” ungkapnya.

Baca Juga:  SMPN 7 Raih Penghargaan Terbaik Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman

Pada tahun 2022, Presiden Joko Widodo mempertegas sikap Pemerintah untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI), dengan mendorong peningkatan kualitas produk dan jasa dalam negeri, Presiden juga meminta Kementerian dan Lembaga untuk terus meningkatkan porsi belanja produk dalam negeri dengan target mencapai 400T melalui e-catalog dan daring.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, menyampaikan upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengimplementasikan arahan dari Presiden Joko Widodo, “Sesuai dengan arahan Presiden bahwa kita diwajibkan mendukung pertumbuhan IKM di Provinsi Lampung. Kami sudah terus melakukan kegiatan-kegiatan, mulai dari membantu perencanaan, memfasilitasi pembinaan, memfasilitasi pemasaran melalui kegiatan pameran.”ungkapnya.

Baca Juga:  Oleh-Oleh Munas ASTINDO Bandung: Travel Agent Harus Kreatif, Kawal Tuntas Bangkit dan Pulihkan Pariwisata Indonesia

Sementara itu salah satu pelaku usaha, M. Ravie Cahya Ansor yang juga menjadi salah satu narasumber mewakili IKM menyampaikan manfaat yang dirasakan langsung dengan adanya GERNAS BBI,”Gernas BBI membantu IKM mempercepat proses promosi produk ke masyarakat melalui bantuan pembuatan foto, video dan pameran yang kebetulan sudah dilakukan di Kasablanka Mall pada 1-5 Juni lalu.” ungkapnya..(Diskominfotik Provinsi Lampung)

 79 kali dilihat

Tagged