Gubernur Arinal dan Danlanud Letkol Nav Yohanas Ridwan Dampingi Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Saksikan Latihan tempur Jalak Sakti

Gubernur Arinal dan Danlanud Letkol Nav Yohanas Ridwan  Dampingi Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Saksikan Latihan tempur Jalak Sakti
PROV LAMPUNG

TULANGBAWANG, (LV) Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Komandan Lanud Pangeran M. Bunyamin Letkol Nav Yohanas Ridwan mendampingi Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyaksikan Latihan Jalak Sakti Koopsud I, Harda Marutha I dan GWA Wijaya, di daerah latihan Air Weapon Range dan Baseops Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Tulang Bawang, Senin (29/8/2022).

Adapun tema latihan Jalak Sakti kali ini yaitu, “Kogasudgab Koopsud I & Satuan Jajarannya beserta Wing Komando I & Satbravo 90 Kopasgat Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah Koopsud I dalam rangka Mendukung Tugas Pokok Kogab TNI”.

Jalak Sakti merupakan latihan tempur Koops AU yang di selenggarakan secara rutin. Tahun ini, Lanud Pangeran M. Bun Yamin kembali ditunjuk sebagai tuan rumah. Sebelumnya pada Tahun 2017 lalu, Lanud BNY juga pernah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Jalak Sakti di lingkungan Koops AU I.

Seperti diketahui, Latihan Jalak Sakti, Harda Marutha I dan GWA Wijaya bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil, guna menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability Wing I dan Satbravo 90 Kopasgat.

kegiatan jalak sakti ini meliputi tujuh operasi udara yang terdiri dari operasi intelejen, operasi udara serangan strategis, operasi udara perlawanan, operasi mobilitas udara, operasi udara khusus, operasi informasi, dan operasi teritorial. (Adpim)