Hj. Endah Kartika Prajawati Resmi Membuka Rapat Koordinasi Bunda PAUD

LAMPUNG UTARA

Lampungvisual.com-Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan peran Bunda PAUD Kecamatan dan Desa dalam mensosialisasikan arti penting PAUD dimasyarakat serta meningkatkan pengetahuan Bunda PAUD didalam melaksanakan tugasnya, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se-Kabupaten Lampung Utara menyelenggarakan Rapat koordinasi Bunda PAUD Desa dan Kecamatan Kabupaten Lampung Utara yang secara resmi dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati, S.STP.,MH.

Rakor tersebut dihadiri Ketua HIMPAUDI Kabupaten Lampung Utara, Hj. Dewi Anggraeni Samsir, Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), serta diikuti Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Lampung Utara.

Imam Hanafi selaku Kabid PAUD Diknas melaporkan di Kabupaten Lampung Utara ini terdapat 448 PAUD yang terdiri dari Taman Pendidikan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KOBER), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS). Menanggapi adanya anggaran yang telah diberikan oleh Pemerintah kepada PAUD, Iman Hanafi menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk pembelajaran, pendukung dan lain-lainnya. Iman Hanafi juga mengungkapkan bahwa di Lampung Utara masih ada Desa yang tidak memiliki PAUD yang disebabkan karena di Desa data anak usia dini sangat sedikit sehingga orang tua lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya di Kota.

Baca Juga:  Pemkab Gelontorkan Dana Sebesar 5,5 M Perbaikkan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Kotabumi Utara

“Saya berharap agar peserta dapat mengikuti Rakor dengan baik sehingga segala sesuatu tentang PAUD di Kecamatan dan Desa masing-masing bisa lebih dimengerti oleh para Bunda PAUD yang ada di Kabupaten Lampung Utara” Ujar Imam Hanafi.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Lampung Utara menjelaskan bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Melalui pendidikan bangsa ini dapat semakin maju dan dapat mengejar ketertinggalannya. Sebab kualits sumber daya manusia merupakan kunci utama bagi suksesnya pembangunan bangsa, sehingga melalui pendidikan sejak usia dini upaya peningkatan kualitas harus dilakukan secara terus menerus dan menyeluruh. Sebab, pendidikan usia dini merupakan periode emas dalam perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan yang optimal. Selain itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan langkah pertama untuk mengajarkan anak tentang etika dan sopan santun.

Baca Juga:  Realisasi menjadi Daerah Ramah anak dilampura masih terganjal Syarat Administrasi

Upaya pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini menjadi bagia yang tidak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan menjadi satu kesatuan yang utuh dari seluruh upaya untuk mempercepat keberhsilan dan peningkatan kualitas pembangunan pendidikan. Karena anak yang mendapatkan layanan pendidikan yang baik disaat usia dini, lebih memiliki harapan yang besar untuk meraih mimpi dimasa datang. Selain itu, terbatasnya sarana dan prasarana, merupakan masalah sekaligus tantangan bagi kita.

“Ini merupakan tangung jawab kita semua dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas PAUD agar anak-anak usia dini dapat memperoleh layanan pendidikan yang memadai dan berkualitas” Ujar Ibu Endah.

Baca Juga:  Dua Bandar Sabu diCiduk Tekab Polsek Bukit Kemuning

Sebelum mengakhiri sambutan, Bunda PAUD mengharapkan dengan terselenggranya Rapat Koordinasi ini dapat menghasilkan berbagai terobosan dan keputusan penting yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam percepatan pembangunan PAUD yang berkualitas.

“Saya yakin, kita semua adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian yang tinggi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan saya menaruh harapan kepada Bunda PAUD Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara dapat menjalankan tugasnya demi mewujudkan PAUD yang berkualitas” Pungkas Hj. Endah

Kepada awak media, Bunda PAUD menjelaskan bahwa peran Bunda PAUD yang sudah dilantik harus mengerti tugas pokok dan fungsi mereka sebagai Bunda PAUD baik di Desa maupun Kecamatan dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, serta berharap seluruh Desa di Lampung Utara memiliki PAUD.(Red/Humas)

 1,750 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.