IIB Darmajaya–Disnaker Provinsi Lampung Teken MoU Peningkatan Kualitas Lulusan

IIB Darmajaya–Disnaker Provinsi Lampung Teken MoU Peningkatan Kualitas Lulusan
BANDAR LAMPUNG PENDIDIKAN

Bandar Lampung (LV) –

Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan penandatangan kerja sama/Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Lampung terkait peningkatan kualitas lulusan bersama tiga perguruan tinggi dan Forum Bursa Kerja Khusus SMK, di Aula Disnaker, Rabu (15/9/2021).

Kepala Disnaker Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, S.E., M.T.P., mengatakan keberadaan perangkat daerah Disnaker adalah upaya dalam mencapai visi dan misi Pemerintah Provinsi Lampung melalui Gubernur dan Wakil Gubernur dengan program Rakyat Lampung Berjaya.

“Sesuai dengan amanat dan mandatori RPJMD 2019-2024 yang dimandatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemberdayaan anak dan penguatan disabilitas. Untuk mencapai peningkatan itu adalah pencapaian tenaga kerja dengan menekan pengangguran terbuka dan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja,” kata Agus Nompitu.

Baca Juga:  SMSI Lampung Santuni Balita Penderita Hidrosefalus dan Bibir Sumbing

Menurut dia, Disnaker Provinsi Lampung bertanggung jawab dalam pelaksanaan norma kerja keselamatan dan kesejahteraan tenaga kerja di Provinsi Lampung. “Kita juga menyinergikan dengan program kerja Kemenaker. Bagaimana juga program tersebut dapat diimplementasikan dan mendorong bila perguruan tinggi memiliki irisan program dengan Kemenaker akan disinergikan bersama,” ujarnya.

Agus–biasa dia disapa–menerangkan upaya dalam mengurangi tingkat pengangguran dengan mendorong terbangunnya portal Si Gajah Lampung (sistem informasi ketenagakerjaan Provinsi Lampung). “Kita harapkan dari sistem ini dapat mempertemukan antara pencari kerja dengan yang menyediakan lapangan kerja,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan adanya aplikasi Si Gajah dapat mempertemukan kompetensi kualitas dan kompetensi kualifikasi yang dicari oleh pencari kerja. “Bila terjadi gap antara kompetensi dan kualifikasi pencari kerja dengan keinginan penyedia kerja maka diberikan Si Gajah latih. Pencari kerja juga dapat melakukan konsultasi di Si Gajah konsul dan kami juga sedang merancang untuk Si Gajah magang,” tuturnya.

Baca Juga:  Ketua Umum BNM RI Mendukung Pernyataan KAPOLRI

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah YA., M.B.A., M.Sc., yang diwakili Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., menyambut baik kerja sama yang terjalin dengan Disnaker Provinsi Lampung. “Selama ini, kami juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder untuk menyalurkan lulusan dengan pemberian pelatihan softskill sebelumnya,” ungkapnya.

Muprihan menjelaskan IIB Darmajaya berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberikan bekal mahasiswa selama kuliah kemampuan entrepreneur. Sehingga lulusan IIB Darmajaya dapat bersaing di Era Revolusi Industri 4.0.

“Baik sebagai tanaga andal maupun dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Hal ini terbukti dengan adanya alumni yang telah berdikari dan memberikan kontribusi terhadap berbagai sektor di Lampung salah satunya Yoga Adi Baskoro eksportir sabut kelapa,” pungkasnya.

Baca Juga:  Wagub Bachtiar Buka Pameran Lukisan dari 38 Perupa di Taman Budaya Lampung

Dalam penandatanganan itu, selain dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Agus Nompitu dan Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., juga disaksikan perwakilan dari Universitas Lampung (Unila), Polinela, dan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI). (R/YP)

 75 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tagged