IIB Darmajaya Siap Berikan Beasiswa Penuh kepada 3 Mahasiswa Asal Palestina

BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (LV) - Sebagai kampus The Best di Indonesia dan Perguruan Tinggi Swasta di Lampung yang memiliki kelas Internasional, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya siap memberikan beasiswa bagi tiga mahasiswa asal Palestina untuk kuliah di kampus biru ini.

“Ya, kami siap menerima dan memberikan beasiswa penuh untuk tiga mahasiswa asal Palestina, baik untuk jenjang S-1 maupun S-2. Silahkan mereka memilih mau masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau Fakultas Ilmu Komputer,” kata Rektor IIB Darmajaya, , Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian., MBA., M.Sc., Rabu (9/2/2022).

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (Aptisi) Wilayah II-B Lampung ini juga mengatakan beasiswa yang akan diberikan bukan hanya biaya perkuliahan, tapi juga biaya hidup selama mahasiswa asal Palestina itu menempuh pendidikan di PTS nomor satu di Sumatra ini.“Sesama muslim kita wajib membantu saudara-saudara kita. Terlebih, anak-anak asal Palestina memang wajib kita bantu terutama pendidikannya, agar ke depan mereka mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan dapat membangun negaranya kelak,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung Periode 2018 – 2021 ini.

IIB Darmajaya selama ini juga menerima mahasiswa dari luar negeri, baik program sarjana maupun pascasarjana. Saat ini, tiga mahasiswa asing masih menempuh pendidikan di kampus swasta dengan dosen bergelar doktor terbanyak di Lampung ini.“Satu mahasiswa asal India yang menempuh pendidikan di Pascasarjana Magister Manajemen, dan dua mahasiswa S-1 yang berada di kelas Internasional berasal dari Uganda dan Madagaskar. Tahun lalu, kami sudah meluluskan empat mahasiswa asal Kenya dan Thailand pada jenjang Pascasarjana,” kata Firmansyah.

Kampus yang telah bekerja sama dengan lebih dari 60 perguruan tinggi baik di Asia, Eropa, dan Afrika, lanjut Rektor, setiap tahun pihaknya selalu menerima mahasiswa asing. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, untuk sementara dihentikan.

Termasuk kegiatan outbound yang setiap semester digelar IIB Darmajaya dengan mengirim mahasiswa kuliah di luar negeri selama enam bulan. Baik melalui program Student Mobility maupun program Joint Research.“Bahkan, akhir 2019 lalu, kita menggelar Summer Program dengan menerima lebih dari 20 mahasiswa asing dari Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan beberapa kampus di Asia lainnya,” kata dia.

Salah satu alumnus IIB Darmajaya asal Kenya, Francis Mukemba Mwau, mengaku sangat terkesan selama kuliah di kampus The Best di Indonesia ini. Selain mahasiswanya ramah-ramah, dosen setiap mata kuliah yang membimbingnya juga sangat baik.“Saya menjadi lulusan terbaik Pascasarjana Magister Manajemen dengan IPK 3,6. Darmajaya telah memberikan banyak hal kepada saya, sehingga saya lulus tepat waktu dan cepat mendapatkan pekerjaan di negara asal saya, Kenya. Darmajaya The Best,” kata Francis, saat dihubungi melalui media sosialnya. (R)