Ini Cara Baca Arti Kode Ban Motor Yang Benar

Ini Cara Baca Arti Kode Ban Motor Yang Benar
LAMPUNG SELATANOTOMOTIF

Lampung Selatan, (LV)
Tidak semua orang (terutama) yang bisa berkendara mengetahui dengan pasti arti kode produksi ban yang tertera di dinding ban.

Padahal, ban merupakan satu-satunya komponen motor yang langsung menyentuh aspal. Karena itu, spesifikasi ban yang terpasang pada kendaraan harus sesuai dengan kebutuhan.

Selain bisa membaca di buku panduan, cara selanjutnya untuk mengetahui spesifikasi ban adalah dengan membaca arti kode ban.

Hal ini penting agar tidak salah memilih ban yang tepat dan ukurannya pas dengan velg motor. Selain itu, ukuran ban juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Sebelum salah memilih, simak arti kode ban motor berikut ini, yang mungkin bisa jadi panduan kamu saat membeli ban.

Baca Juga:  Komil Lampung dan Sahabat Ceria Sambangi Keluarga Kurang Mampu

Jenis Kode Ban

Ada dua jenis kode ban motor, yakni metric dan imperial. Ulasan kali ini akan fokus kepada kode ban motor metric yang cukup banyak beredar di pasaran.

Ukuran Lebar

Misalnya, ban memiliki kode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 di depan menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter (mm), sedangkan angka 90 merupakan kode perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya, yang biasa disebut aspect ratio. Bila lebar ban 80 mm, berarti perbandingannya adalah 90% x 80 = 72 mm.

Baca Juga:  Skrining Penyakit Menular Covid - 19 Warga Binaan Di Blok Hunian Lapas Kalianda

Jenis Ban

Kode M/C (Medium Compound) memberikan informasi tentang jenis ban yang digunakan. Angka 14 yang tertera menunjukan besar ring velg dalam ukuran inchi dan angka 41 menunjukan beban maksimal yang dianjurkan dalam load index.

Jika dikonversi, ban tersebut mampu membawa beban maksimal 150 kilogram.

Kecepatan Ban

Kemudian adalah kode P, berguna untuk mengetahui kecepatan maksimal yang bisa ditempuh ban. Pada speed index, ban berkode P didesain untuk menempuh kecepatan maksimal 150 km/jam.

Kode Unik

Setelah itu, ban juga memiliki kode angka, contohnya 2421. Angka itu menunjukkan bahwa ban diproduksi pada minggu ke 24 tahun 2021.

Baca Juga:  Basarnas Lampung Siaga Idul Fitri 1440H

Selain memahami arti dari kode ban, harus diperhatikan pula kualitasnya. Ban yang berkualitas memiliki bahan yang kuat serta daya cengkram bagus. Dan satu lagi, pastikan membeli ban motor di tempat yang terpercaya. Tutup Abdullah-Service Advisor TDM Honda Tanjung Bintang. (Agnes Enjel Yani)

 105 kali dilihat