Ini Dia Penyebab Velg Jari-jari Cepat Penyok?

Ini Dia Penyebab Velg Jari-jari Cepat Penyok?
OTOMOTIF

Way Kanan, lampungvisual.com-
Anda terkejut karena tidak pernah memeriksa kondisi velg jari-jari motor, dan tiba-tiba melihatnya dalam kondisi penyok? Sebenarnya, ada empat alasan yang bisa membuatnya penyok. Mungkin Anda memang selama ini tidak menyadarinya.

Hal pertama yang berisiko mengakibatkan velg cepat penyok adalah tekanan angin ban. Sementara itu, kondisi kedua yang juga berpotensi merusak velg adalah beban yang berlebihan. Ini penjelasan lengkapnya untuk Anda. Yang ketiga berkaitan dengan ukuran ban motor, dan yang terakhir perkara pemasangan ban serta velg.

4 Penyebab velg jari-jari bisa penyok
Jika Anda termasuk yang kurang berhati-hati dalam berkendara dan sering ‘menghajar’ lubang di jalanan, velg memang bisa cepat penyok. Namun, dua hal berikut ini pun dapat menjadi penyebabnya.

Baca Juga:  Event Roadshow BeAT Series 2020

1. Tekanan angin ban yang kurang
Kalau ban kurang angin, istilahnya jadi tidak membal saat dipakai berkendara. Alhasil, velg yang jadi korbannya. Apalagi ketika motor melewati jalanan yang rusak dan berlubang. Apalagi, ban juga sebenarnya berfungsi untuk meredam benturan pada motor.

2. Beban yang berlebihan
Kalau Anda sering berkendara dengan membawa beban yang kelewat berat, velg jenis jari-jari pada motor kesayangan pun menjadi cepat penyok. Bahkan bukan mustahil, jari-jarinya malahan patah.

3. Ukuran ban yang tidak sesuai
Penyebab lain yang seharusnya sudah bisa Anda tebak adalah pemakaian ban dengan ukuran yang tidak sesuai. Misalnya, jika ban motor dimodifikasi dan akhirnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan velgnya. Pilihan terbaik adalah dengan tetap memakai ban sesuai ukuran standar pabrikan. Jika memang Anda ingin melakukan modifikasi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan mekanik, untuk mengetahui rekomendasi serta risikonya.

Baca Juga:  Wow..! TDM Kota Gajah-Rumbia Berikan Promo Khusus

4. Pemasangan ban dan velg secara kurang hati-hati
Dalam kondisi darurat, Anda mungkin pernah menggunakan jasa di pinggir jalan untuk menambal ban. Biasanya di sana, peralatan yang dipakai kurang memadai untuk memasang ban serta velg motor. Akibatnya cat velg bukan hanya saja bisa terkelupas, melainkan juga velg itu sendiri jadi penyok.

Nah, setelah mengetahui penyebab yang membuat velg vari-jari pada motor jadi penyok, Anda kini bisa menghindarinya. Tambah Mukhlas – Kepala Mekanik Ahass TDM Honda Way Kanan.

Baca Juga:  Peringati Hari Kartini Dealer Honda NSS Kedaton Adakan Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak

Goole Berita: Lampungvisual.com

 205 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tagged