Ini Penyebab Aki Cepat Soak Pada Motor Baru

Ini Penyebab Aki Cepat Soak Pada Motor Baru
OTOMOTIF

Lampung Selatan –
Pengguna motor baru tak jarang menjumpai aki yang cepat soak. Kualitas aki sering dituding menjadi penyebabnya. Padahal sebenarnya, kebiasaan kurang baik dari pemilik motor lah yang merupakan dalangnya. Untuk motor yang sudah berusia senja, memang lemahnya komponen sangat berpotensi membuat aki cepat soak. Namun untuk motor baru, hal-hal inilah yang bakal membuat aki gampang soak, tapi mungkin tidak Anda sadari.

Ini Penyebab Aki Cepat Soak Pada Motor Baru

Aki Motor Baru Cepat Soak karena Ini:
Ternyata, aki bisa cepat soak akibat hal-hal berikut ini yang mungkin terdengar remeh di telinga Anda.
1. Motor jarang dipakai.

Nah, kondisi ini sih, yang mesti benar-benar Anda antisipasi. Terlebih di masa pandemi saat ini. Jadi, aki motor baru itu bisa cepat soak kalau motor jarang dipakai. Soalnya kalau mesin tidak menyala, aki juga tidak mengalami pengisian. Kalau sudah begini, sebagai solusi, Anda sebaiknya mengganti aki motor atau melakukan recharge. Namun untuk pencegahan, panaskan motor setidaknya tiga hari sekali. Dengan begitu, aki bisa senantiasa terisi.” Ungkap Irvan Service Advisor TDM Sidomulyo.

Baca Juga:  INI PERBEDAAN ANTARA HONDA PCX CBS & ABS

2. Salah pasang
Pemicu kedua aki motor baru cepat rusak adalah kesalahan pemasangan ketika Anda memutuskan untuk melakukan modifikasi kelistrikan. Salah pasang ini membuat daya aki cepat soak karena terkuras. Akhirnya lagi-lagi, Anda harus menggantinya dengan aki yang baru.

Tips Mencegah Aki Cepat Soak:
Peribahasa, “Sedia Payung Sebelum Hujan” bisa berlaku untuk berbagai keadaan, termasuk perkara aki ini. Biar aki motor ga cepat rusak, ikuti tips berikut ini.

Baca Juga:  TDM Cabang Krui Dan Satlantas Polres Lambar Pasang Rambu-Rambu

1. Cermati beban pemakaian listrik pada motor Anda. Jangan melakukan modifikasi dengan lebay alias berlebihan. Selain itu, matikan lampu saat mesin akan dimatikan maupun dinyalakan.

2. Bersihkan aki dengan rutin. Anda harus membersihkan terminal aki. Soalnya, terminal aki ini sering tertutup debu maupun kotoran lainnya. Jika kotor, proses distribusi aki ke komponen motor pun akhirnya jadi terhambat.
3. Catat tanggal penggantian aki. Waktu Anda mengganti aki lama dengan aki yang baru, jangan lupa untuk membuat catatan tanggal penggantian.

Baca Juga:  PT. Tunas Dwipa Matra Tubaba Menggelar Event Rutinitas Grebek Pasar

Jadi sebelum aki soak, Anda sudah bisa menggantinya, dengan merujuk pada tanggal tersebut. Sekarang, waktunya Anda memeriksa kondisi aki motor kesayangan!
Untuk informasi Service dan Pembelian motor Honda anda dapat menghubungi TDM Sidomulyo di Jl. Perintis Kemerdekaan, Seloretno, Kec. Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35353 atau hubungi CP kami di 082379484348. (*Ril)

 111 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Baca Juga Artikel Terkait

Tagged