klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Jelang Idhul Adha, Distanak lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

LAMPUNG UTARA

Lampung Utara,lampungvisual.com
Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Lampung Utara (Lampura) mulai melakukan pengecekan kesehatan hewan qurban di beberapa titik, untuk memastikan hewan-hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat.

Kadistanak Lampura Wahab didampingi Kabid Peternakan Yudhi Bachtiar mengatakankan, sesuai agenda Distanak menjelang hari raya qurban, pihaknya melakukan pemeriksaan hewan seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan di dua titik menjelang H-7 ini, hewan ternak yang diperiksa dalam keadaan sehat semua. Bahkan pihaknya langsung menerjukan dokter hewan dalam pemeriksaan dan melakukan penyemprotan Disenfektan di setiap kandang.

“Sesuai dengan fungsi Distanak nanti ada pemberian labelisasi. Labelisasi dimaksudkan untuk membedakan hewan ternak itu sudah cukup umur, dalam keadaan sehat dan layak untuk di konsumsi.” Ucapnya.Senin (4/7/2022)

Baca Juga:  Kapolres Lampung Utara Hadiri Upacara Pengukuhan dan Penyerahan tunggul Bataliyon C Pelopor Sat Brimob Polda Lampung

Sejauh ini juga lanjutnya, seluruh peternak juga berkomitmen untuk menjaga kesehatan hewan dan kebersihan kandang. Bahkan mereka juga tidak melakukan pengambilan hewan qurban dari luar, para peternak hanya membeli hewan dari lokal saja.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yakni hewannya terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Untuk ternak-ternak yang sudah diberikan lebel jika nanti tidak terjual saat hari raya qurban, hendaknya para peternak untuk dapat lapor ke Distanak. Nanti pihak Distanak akan melakukan Vaksinasi. Mengingat saat ini pihaknya sedang menggalakkan vaksinasi PMK.

Baca Juga:  Disiplin Protokol Kesehatan Humas Polres Lampung Utara Dialog Interaktif bersama RRI Bandar Lampung

“Sejauh ini permintaan Masyarakat yang ingin ber qurban sangat tinggi. Dari hasil kunjungan tadi mereka masih kekurangan pasokan sapi, kerbau hingga kambing. Mudah-mudahan sebelum hari H nanti semua sudah terpenuhi dan semua hewan qurban yang di qurbankan dalam keadaan sehat. Tambahnya.

Ditempat yang sama Dokter Hewan Hajar Khoirun yang langsung melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban mengatakan, dari hasil pemeriksaan di dua tempat yakni tempat pertama di Wonogiri penjual Daging Pak Kuncung itu ada 40 ekor Sapinya dalam kondisi sehat semua dan sangat layak untuk di qurbankan serta dikonsumsi Masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Lampura Mehadiri Pengajian di Masjid Al-Awabim

Kemudian di tempat Pak Revan Sukajadi Bumi Raya ada 25 hewan juga siap dan layak untuk di qurbankan. Bahkwan kondisi kebersihan hewan dan kandang juga sangat terjaga.

“Alhamdulilah setelah kita periksa kesehatannya bahkan mulutnya tadi semua dalam keadaan sehat. Segar-segar semua kondisinya tidak ada yang sakit, insyaallah untuk stok kebutuhan Hari Raya Qurban ini terpenuhi. “Tutupnya. (Andrian Folta)

 115 kali dilihat