Kampus The Best di Indonesia ini Gelar Sosialisasi MBKM kepada Mahasiswa dan Dosen

BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (LV) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kepada mahasiswa dan dosen selama dua hari (16-17/2/22) secara daring.

Pada pertemuan Rabu (16/2/22) diikuti mahasiswa Prodi Akuntansi dan Prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hari kedua, Kamis (17/2/22) diikuti mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis, mahasiswa Prodi Sistem Informasi, Prodi Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, dan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya.

Sosialisasi disampaikan langsung Direktur MBKM Aswin, S.E., M.M. Lima Program MBKM dapat diikuti semua mahasiswa mulai dari semester IV. Aswin mengatakan program MBKM ini setara dengan 20 SKS yang dapat dikonversi ke mata kuliah.“Pertukaran mahasiswa merdeka dengan persyaratan minimal semester IV dan mendaftarkan diri ke prodinya masing-masing. Nanti, kami akan memfasilitasi untuk tujuan perguruan tinggi yang dituju,” ungkapnya.

Dosen Prodi Manajemen ini juga menjelaskan terdapat program magang yang dapat diikuti mahasiswa minimal semester VI. “Beberapa mahasiswa juga banyak yang mengikuti kegiatan magang dengan tujuan perusahaan skala nasional maupun internasional,” ujarnya.

Dia melanjutkan mahasiswa juga dapat mengikuti studi independen yang setara juga 20 SKS dengan minimal semester VI. Studi independen juga merupakan bagian dari program MBKM yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester. “Mahasiswa dapat menambah bidang ilmunya yang tidak didapatkan di kampus dengan panduan mentor,” imbuhnya.

Kampus mengajar, lanjut dia, menjadi Program MBKM yang mahasiswa melakukan pengabdian ke sekolah untuk memberikan pembelajaran kepada pelajar SD atau SMP.“Meskipun kementerian menawarkan program kampus mengajar, tetapi IIB Darmajaya juga menawarkan mengajar di salah satu sekolah. Nanti, kita akan mencarikan sekolahnya atau Anda yang mengajukan sekolahnya, dari SD atau SMP yang kategorinya sekolah 3T atau akreditasinya maksimal B,” urainya.

Terakhir, mahasiswa juga dapat mengikuti kegiatan wirausaha. Kegiatan wirausaha untuk program MBKM di IIB Darmajaya akan berkolaborasi dengan Inkubitek terutama dalam peningkatan usahanya. “Jadi, mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengajukan diri untuk menjalankan kegiatan wirausaha dan setara juga dengan 20 SKS,” tuturnya.

Aswin menambahkan setiap mahasiswa yang akan mengikuti Program MBKM dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik untuk menentukan mata kuliah yang akan disetarakan dengan kegiatan MBKM yang dipilih. “Konsultasi dilakukan sebelum mengisi KRS online. Setelah itu dapat mendaftar ke Prodi untuk mengikuti pendaftarannya,” kata Aswin. (R/YP)