Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Pembukaan Pendayagunaan Koramil Model Yang Dipusatkan Di Koramil 04/Meureubo

Kasdim 0105/Abar Pimpin Upacara Pembukaan Pendayagunaan Koramil Model Yang Dipusatkan Di Koramil 04/Meureubo
ACEH BARAT

Aceh Barat –

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan Babinsa sesuai Job Depcription yang diembannya, Kodim 0105/Abar menggelar kegiatan Pendayagunaan Koramil Model terpusat Semester II TA. 2022 di wilayah Korem 012/TU bertempat di Aula Serba Guna Makoramil 04/Meureubo yang berlokasi di Jalan TMMD Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Senin (21/11/2022)

Kegiatan Pelatihan dan Pembekalan ini secara resmi dibuka oleh Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto dengan melibatkan perwakilan Babinsa dari Koramil – Posramil jajaran Korem 012/Teuku Umar. Prosesi penyematan tanda peserta disaksikan langsung oleh Danramil/Danposramil serta Perwira Staf Kodim 0105/Abar dan Perwira jajaran Korem 012/TU.

Dalam kata sambutan Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafi’i Nasution yang disampaikan oleh Kasdim Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto menjelaskan bahwa kegiatan Pendayagunaan Koramil Model ini merupakan Perintah dari Komando Atas yang wajib dilakukan. Pasalnya dapat menjadi sarana untuk menigkatkan kemampuan ataupun wawasan bagi Personel yang ada (lama) maupun Personel yang baru masuk Satkowil.

Baca Juga:  Metode 4 T Babinsa Mampu Perbaiki Hasil Panen Sawit Di Wilayah Pante Ceureumen

“Kebijakan Pemberdayaan Koramil Model ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas Latihan Teritorial (Latter) yang diharapkan mampu untuk memberikan visualisasi pelaksanaan tugas Binter secara aplikatif melalui penunjukkan salah satu Koramil Model sebagai wahana Percontohan yang mempresentasikan keseluruhan kondisi wilayah di Satkowil”, kutip Kasdim

Pemberdayaan Koramil Model ini, lanjut Kasdim, difokuskan pada peningkatan SDM Apkowil sebagai bekal bagi Personel yang akan melaksanakan tugas pokoknya di Satuan Kodim masing – masing.

“Kegiatan ini bersifat pembekalan pendahuluan dan latihan berupa penyegaran aplikatif, sehingga kompetensi Babinsa diharapkan senantiasa mampu mengimbangi dinamika kehidupan sosial di tengah masyarakat binaannya. Untuk itu, kepada seluruh Peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan benar, sungguh – sungguh dan penuh dedikasi semangat yang tiggi. Sehingga, endingnya semua materi dapat diserap dan direkam sebagai modal untuk aplikasi pada saat di lapangan. Karena, kedepan tuntutan tugas Satkowil akan semakin kompleks dan komplit, khususnya dalam hal pembinaaan kepentingan pertahanan negara”, gamblang Kasdim

Baca Juga:  Sukseskan Program Pemerintah, Babinsa Koramil 07/JP Turun Ke Tengah Sawah

Dihadapan para Peserta, Kasdim mengulas perkembangan situasi lptek (llmu Pengetahuan dan Teknologi) peradaban masyarakat dewasa ini semakin maju bahkan kritis terhadap setiap permasalahan yang ada.

“Permasalahan tersebut dapat dikembangkan, baik dalam issue politik, ekonomi, tenaga kerja maupun perbedaan antar suku, golongan hingga agama. Oleh sebab itu, sebagai aparat Satkowil (Babinsa) harus peka, tajam dan antisipasi guna Temu Cepat dan Lapor Cepat sebagai upaya langkah – langkah mengambil tindakan yang cepat dan tepat. Namun tetap berpedoman pada Jargon Babadera (Baik Baik Dengan Rakyat) dan senantiasa mengayomi untuk merebut Hati rakyat”, tutup Kasdim

Baca Juga:  Bantu Kesulitan Rakyat, Babinsa Koramil 10/Woyla Barat Curahkan Tenaganya Untuk Ikut Bangun Rumah Warga

Untuk diketahui, Pendayagunaan Koramil Model ini akan berlangsung selama 5 (Lima) hari kedepan yakni 21s/d 25 November 2022. Hingga hari Jum’at nanti, para Peserta akan dibekali Materi Militer hingga Umum. Sebagai pembuka, Peserta disuguhkan Materi Netralitas TNI yang disampaikan oleh Pasi Ops Lettu Inf Andika Trio Utama, S.H., dan Sikap Teritorial oleh Pasiter Kapten Inf Hendra Saputra. (*)

 45 kali dilihat