Kemandirian Mahasiswa Millenials Dengan Memulai Bisnis MUA

(Photo:doc-Ikhtiar Islamia Ningrum)
OPINI DAN PUISI PROFIL & SOSOK

Oleh : Ikhtiar Islamia Ningrum

Lampungvisual.com
Peluang usaha untuk mahasiswa kini telah banyak bermunculan. Mulai dari berwirausaha hingga menawarkan jasa menulis menjadi peluang usaha yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada era modern seperti saat ini kebutuhan manusia semakin meningkat. Begitu juga dengan mahasiswa, walaupun sebenarnya tugas mahasiswa yang paling utama adalah menuntut ilmu. Namun bila dapat diselingi dengan memulai sebuah peluang bisnis kenapa tidak.

Bisnis MUA atau Make up artist adalah peluang usaha untuk mahasiswa di era millenials seperti saat ini. Kebutuhan akan make up menjadi hal yang tidak bisa disingkirkan di era globalisasi seperti sekarang.

Karena ruang lingkup mahasiswa yang notabene anak-anak millenials yang berporos pada make up. Selain itu juga peluang bisnis ini dapat dijalankan dengan mudah karena di area kampus selalu memiliki event-event penting yang dibutuhkannya seorang MUA.

Bisnis makeup artist merupakan salah satu usaha bidang jasa menjanjikan bagi pelakunya, baik sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan. Profesi yang mengandalkan keahlian merias wajah ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi rias dan tren makeup artist yang beredar luas di berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Sebagai bisnis makeup artist akhir akhir ini memang banyak diminati oleh kalangan muda untuk meraih target keuntungan jasa bisnis mereka. Tentu Anda juga perlu menghitung berapa besar keuntungan yang dimiliki sebagai makeup artist profesional. Anda dapat menghitungnya dengan teknik bep dahulu, dimana menentukan titik impas pendapatan dan biaya dalam jasa ini.

Jasa MUA makin dianggap penting dalam berbagai acara seperti wisuda, pre-wedding, pemotretan komersial, fashion show, sampai arisan dan pertemuan bisnis penting. Jasa MUA juga terbilang sangat menjanjikan karena pendapatan yang terbilang cukup tinggi, apalagi jika sudah terbilang menjadi profesional MUA.

Cara Memulai Bisnis Makeup Artist dan Tips Suksesnya
Bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis MUA tentu harus rela menyisihkan sebagian waktunya untuk meningkat kemampuan setiap saat. selain itu, ada beberapa hal pula yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis MUA bagi pemula. Berikut cara dalam memulai bisnis makeup artist dan tips sukses yang ingin didapat yaitu.

Baca Juga:  Serba-serbi Buka Cabang ke-13 RM Minang Indah: Sekda, Dandim, Kajari, Wawalkot Hadir

1. Memulai Bisnis MUA Secara Otodidak Bagi Mahasiswa
Bisnis MUA atau Make Up Artist kini sangat populer dan banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari tua, muda, hingga remaja kini sudah tidak asing lagi dengan make up. Bukan hanya perempuan, laki-laki pun dapat menekuni bisnis ini. Bagi mahasiswa tentu ini menjadi ladang bisnis yang sangat berpeluang untuk dilakukan, karena dapat dipelajari secara otodidak. Selain target pasar yang banyak di kalangan kampus, cara memulai bisnis MUA pun terbilang cukup mudah. Memulai bisnis MUA secara otodidak sangat mungkin dilakukan. terlebih di era teknologi seperti saat ini.

Kita dapat mempelajarinya langsung lewat internet dan mempraktekannya. Untuk mahasiswa yang notabene konsumtif, peluang bisni MUA ini dapat dijadikan pemasukan yang menjanjikan. Dengan belajar secara otodidak melalui internet atau berkreasi sendiri kita sudah dapat langsung mempromosikan jasa MUA yang ingin kita jadikan usaha ini.

2. Memulai Bisnis MUA melalui Beauty Class
Salah Satu keuntungan yang didapat bila kita seorang mahasiswa yang ingin mulai merintis bisnis MUA adalah banyaknya pelatihan atau beauty class yang sering diadakan di area kampus. Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri.

Sebab tidak jarang pelatihan tersebut diadakan gratis hanya untuk mahasiswa saja. Kesempatan ini tentu tak boleh disia-siakan bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis MUA. Belajar dari beauty class ataupun pelatihan private secara langsung akan mengembangkan bakat kita dalam merias wajah.

Teknik-teknik dasar hingga yang sulit lambat laun akan kita kuasai dengan berbagai latihan yang dilakukan. bisnis MUA adalah peluang usaha untuk mahasiswa yang wajib kita coba pada era modern seperti saat ini.

3. Meningkatkan kemampuan merias
Umumnya, setiap wanita sudah pandai makeup untuk kebutuhannya sendiri. Namun apabila Anda ingin menjadi seorang MUA, tentunya Anda juga akan dituntut untuk mahir dalam mengaplikasikan makeup langsung pada wajah orang lain sebagai klien bisnis jasa Anda.

Apabila Anda ingin mendalami profesi ini, maka Anda perlu meningkatkan kemampuan merias wajah dengan mengikuti pendidikan formal seperti kursus atau workshop makeup artist. Untuk bisa mengikuti kelas ini, biasanya Anda akan dikenakan sejumlah biaya.

Namun bagi Anda yang masih dalam tahap pemula dan ingin mengetahui pengetahuan dasar tentang merias wajah, Anda bisa langsung mempelajarinya melalui platform online. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk belajar merias wajah seperti Blog, Youtube, Pinterest, dan Instagram.

Baca Juga:  Sosiolog Ini Soroti Sakai Sambayan & Filantropi di Tengah Pandemi, Filantrop Ini Donasikan Penjualan Bukunya Bagi Yatim & Dhuafa Terdampak Pandemi

4. Mempersiapkan Peralatan Makeup
Apabila menjadi seorang makeup artist Anda tidak hanya harus mengenal mengenai berbagai jenis makeup yang ingin di pakai seperti, foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, dan lainnya.

Namun Anda juga harus juga belajar memahami jenis makeup dan kegunaan dari masing-masing alat makeup serta waktu yang tepat untuk mengaplikasikan kepada wajah klien Anda.

Setelah itu, barulah Anda mulai mengumpulkan secara perlahan dan pilihan kosmetik yang sesuai dan diperlukan oleh klien Anda. Sembari meningkatkan kemampuan merias Anda, maka secara tidak langsung peralatan make up semakin lengkap dan pilihlah perlengkapan make up yang berkualitas baik untuk menunjang bisnis Anda kedepannya.

5. Mengetahui Trend Makeup Terkini
Memutuskan untuk menjadikan makeup artist Anda juga harus update mengenai trend dalam gaya makeup yang sedang banyak diminati oleh banyak orang. Anda harus rajin dalam mencari tahu tentang perkembangan trend makeup terbaru untuk saat ini.

Anda dapat dengan mudah mencari tahu tentang apa yang sedang tren lewat berbagai media baik itu koran, majalah atau media sosial. Namun tidak hanya trend makeup di Indonesia saja melainkan juga di luar negeri. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan apakah trend tersebut cocok untuk klien Anda.

6. Memiliki ciri khas makeup sendiri
Sebagai makeup artist, Anda perlu belajar untuk memiliki ciri khas makeup yang tidak dimiliki oleh makeup artist lainnya. Hal ini bertujuan sebagai strategi positioning yang tepat di benak konsumen.

Seperti contoh makeup yang Anda terapkan menghasilkan dewy makeup look yang tahan lama. Tidak mudah dalam melakukan hal ini, Anda harus sering mengupgrade skill makeup dan perkembangan tren saat ini.

7. Mengikatkan service dengan memahami Keinginan Klien
Mempunyai ciri khas tidaklah cukup untuk dapat bertahan di dunia makeup artist. Tentunya Anda juga harus bisa menguasai berbagai macam teknik makeup yang ada agar Anda dapat memenuhi keinginan klien.

Anda perlu pahami bahwa Anda sebagai makeup artist bekerja untuk klien. Anda perlu mengalahkan ego pribadi Anda dan lebih memperhatikan perilaku konsumen terhadap jasa Anda.

Baca Juga:  Terus Lahirkan Local Hero, Ikhtiar Festival PLN Peduli 2020 Terus Terangi Negeri 'tuk Pencapaian SDG's

Itu artinya Anda harus bisa memahami apa yang diharapkan oleh klien dan mampu mewujudkan keinginan pelanggan Anda. Dengan begitu maka klien pun akan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan sehingga dapat berpotensi untuk menjadi langganan tetap di kemudian hari.

8. Melakukan Promosi Dengan Sosial Media
Seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin pesat perkembangannya tentu saja ini mengancam keberlangsungan bisnis yang dilakukan secara offline. Namun dengan seiringnya perkembangan teknologi tersebut sudah banyak para bisnis offline beralih pada bisnis online yang sudah banyak diminati oleh para pebisnis lainnya.

Pada zaman serba digital, Anda juga harus memiliki sosial media sebagai alat sarana untuk promosi. Jangan lupa mengabadikan foto hasil makeup yang telah Anda hasilkan kepada wajah klien Anda, dan jadikan hasil foto tersebut menjadi portofolio untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun pastikan bahwa hasil tata rias yang diunggah nantinya adalah yang terbaik.

Anda bisa mengunggah hasil portofolio di sosial media yang Anda miliki agar setiap orang yang melihatnya mengetahui hasil keterampilan dan jasa yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan akun media sosial, maka akan menarik para calon klien untuk mencoba jasa Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan klien atau job yang diharapkan.

9. Bekerja Sama Dengan Wedding Organizer
Selain dalam mengandalkan portofolio di akun media sosial, Anda dapat menambah relasi baru dengan mencoba untuk menawarkan jasa makeup pada wedding organizer. Selain menambah jam terbang, Anda juga dapat memperluas relasi bisnis makeup Anda. Maka dengan begitu Anda tidak perlu ribet lagi untuk mencari klien. Dengan menggunakan cara ini Anda cukup menunggu kabar dari wedding organizer tersebut.

 143 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini