klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Kodim 0703 Cilacap Gelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022

Kodim 0703 Cilacap Gelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022
KODIM CILACAP

Cilacap –
Kodim 0703 Cilacap menggelar Upacara Pembukaan TNI Manungggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2022, berlokasi di Lapangan Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI, ” Selasa (26/07).

Bertindak selaku Inpektur Upacara (Irup) Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, S.STP,.M.Si, Komandan Upacara (Danup) Kapten Cba M.Isa Saefudin yang sehari hari menjabat sebagai Danramil 07/Maos dan Perwira Upacara Kapten Cpm Agus Santoso selaku pejabat Perwira Personel.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P , Kasdim Mayor Inf Saeroji, Palaksa Lanal Cilacap Mayor Laut (P) Subandi, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H.M.H, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nur Hidayat, Kepala Dispermades Bintang Dwi Cahyono AP.MM, para Kepala Bagian Pemkab Cilacap terkait, Kepala BPNPT Ferry Adhi Dharma, S.STP,.M.Si, Danramil 17/Dayeuluhur Kapten Inf Suwanto, Camat Dayeuhluhur Aji Pramono, S.STP, Kapolsek Dayeuhluhur AKP Widiantoro, SH, Kades Hanum Drs. Ruswadianto serta para Kades, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat se – Kecamatan Dayeuhluhur.

Adapun pasukan upacara terdiri dari 1 SSK Barisan Korsik, 1 SSK gabungan anggota Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap dan Polres Cilacap. 1 SSK II Gabungan Satpol PP dan Linmas, 1 SST Gabungan FKPPI, PPM dan Hipakad, 1 SST Pemuda Pancasila Kecamatan Dayeuhluhur, 1 SST HIPKAD dan 1 SST Mahasiswa IPB Bogor serta 1 SSK siswa siswi SMK, SMA dan SMP.

Baca Juga:  Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 Bersama Ketua Persit Cabang XVIII Ikuti Webinar Tentang Kanker Payudara 

Dalam amanat Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, S.STP,.M.Si, menyatakan bahwa program TMMD adalah wujud nyata Sinergitas dan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

Setelah membuka secara resmi kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Hanum, mewakili Bupati Cilacap, Syamsul mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0703/Cilacap yang melaksanakan kegiatan TMMD di Desa Hanum Kecamatan Dayeuhluhur. Menurutnya, ini adalah wujud Kemanunggalan dan kebersamaan antara TNI dan Masyarakat. Harapannya adalah antara TNI dan Masyarakat bisa membantu percepatan pembangunan serta membantu percepatan mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita sadar Pemerintah Daerah tidak bisa serta merta menyelesaikan semua permasalahan karena memiliki keterbatasan anggaran ataupun keterbatasan regulasi aturan yang kadang tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan masyarakat. Oleh karena itu adanya kegiatan TMMD ini salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalah yang tadi disebutkan,” Ucapnya.

Wakil Bupati juga melihat, masyarakat menyambut dengan baik dalam kegiatan TMMD ini. Hal ini adalah wujud bahwa ternyata kegotongroyongan itu masih banyak dan masih perlu bisa didorong lagi di masyarakat. “Melalui kegiatan TMMD, kita menggugah kembali semangat kegotongroyongan masyarakat dan secara bersama sama ikut membangun desa dan yang terpenting adalah percepatan pembangunan,” Ungkapnya.

Baca Juga:  TK Sinar Abadi Terkena Longsor, Babinsa Koramil Cimanggu dan Warga Laksanakan Karya Bakti

Demikian halnya yang disampaikan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. Kepada awak media, Dandim menjelaskan bahwa untuk sasaran fisik dan non fisik di semua wilayah khususnya di Jawa Tengah beragam. Namun menurutnya yang paling penting adalah akselerasinya. Akselerasinya luar biasa karena untuk mencapai semua sasaran ini tidak bisa satu komponen saja.

“Pesan moral yang terbaik adalah kegotongroyongan dari mulai Pemda, Provinsi dan tidak lupa elemen lain juga ikut serta dan sangat banyak yang mendukung dalam hal ini BUMN, BUMD, Swasta, CSR dari semua Bank yang ada di Kabupaten Cilacap. Dan hal ini sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 1980 sehingga penyempurnaan tiap tahun ini sangat penting. Termasuk yang disampaikan oleh Wakil Bupati bahwa yang paling penting dalam kegiatan TMMD ini ada evaluasi dan pembelajaran,” Jelasnya.

Dandim juga mengungkapkan bahwa setelah kegiatan TMMD Sengkuyung di desa Hanum ini adalah TMMD Reguler mewakili Kodam IV Diponegoro yang akan dilaksanakan di bulan Oktober-November di wilayah Kecamatan Bantarsari dan ini menurut Dandim artinya lebih besar karena menjadi episentrum yang akan ditinjau langsung baik oleh TNI AD, Pusterad maupun dari Mabes TNI.

“Hasil kerja nyata itu sudah pasti kita laksanakan bersama, kerja ikhlas, kerja terbaik pasti kita laksanakan. Tapi peran Media itu sangat penting untuk menyampaikan pesan baik itu pesan tujuan sasaran yang akan kita capai maupun nilai nilai non fisik yang harus kita blasting bersama di sini, jadi sangat penting kerjasama,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Danramil 01/Cilacap Melepas Salah Satu Prajurit Terbaiknya

Pesan moral yang disampaikan Dandim dalam kegiatan TMMD di Dayeuluhur ini adalah setiap wilayah wilayah terluar itu adalah etalasenya Cilacap. Dan Dayeuhluhur itu menjadi etalase Cilacap dan hal ini harus kita kedepankan. Harapannya dalam kegiatan TMMD, selain tepat waktu, juga harus seimbang dan evaluasi kedepannya harus ditingkatkan ditahun berikutnya.

“Kita berdiskusi banyak bersama Bupati, Wakil Bupati dan teman teman dari DPRD, untuk pengadaan TMMD Sengkuyung yang kita laksanakan di Cilacap sistemnya harus sistem blok, jadi 3 tahun atau 4 tahun sebelum kita laksanakan, kita harus memploting daerah daerah atau kecamatan, desa yang ada di Cilacap ini yang mana yang harus kita kedepankan. Karena TMMD ini adalah bagian dari akselerasi pembangunan,” Pungkas Dandim.

(Pendim/Clp)

 88 kali dilihat