Konsisten Jaga Prinsip Keberlanjutan Lingkungan, PLN Sabet Penghargaan Environmental & Social Innovation

Konsisten Jaga Prinsip Keberlanjutan Lingkungan, PLN Sabet Penghargaan Environmental & Social Innovation
JAWA TENGAH

Semarang, 14 September 2022 - PT PLN (Persero) menegakan prinsip keberlanjutan dalam setiap operasionalnya. Konsistensi ini mendapatkan penghargaan dalam ajang Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo, khususnya untuk PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B.

Penghargaan ini meliputi beberapa keiteria antara lain kriteria Efisiensi Air dan Kehati, kriteria pengelolaan B3 dan juga pengelolaan limbah Non B3. Hal ini wujud dari komitmen menjaga lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PLN.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Hari Cahyono menjelaskan PLN mendapatkan 4 penghargaan yaitu masing-masing 2 platinum dalam kriteria Efisiensi Air dan Kehati, 1 gold dalam kriteria B3, dan 1 silver untuk kriteria Non B3. Ia memastikan PLN akan terus meningkatkan program yang lebih bisa bermanfaat, baik untuk perusahaan maupun ke masyarakat luas.

"Tentu saja keikutsertaan ini sebagai bagian dari motivasi kami untuk dapat mempertahankan proper emas," ujar Hari.

Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) merupakan penghargaan kepada pelaku usaha di Indonesia yang memiliki inovasi di bidang lingkungan dan sosial yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo.

Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas, menjelaskan bahwa penghargaan ENSIA ini bisa memberikan manfaat bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan motivasi dan juga branding atas kepedulian untuk melestarikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

"Secara teknis penghargaan ini dapat digunakan sebagai penunjang dokumen Hijau dan Emas Proper," jelas Darwin.

Sebelumnya telah dilakukan penjurian terhadap 62 perusahaan dari seluruh Indonesia dengan sektor usaha yang beragam. Sebanyak 217 paper inovasi yang telah masuk kemudian dinilai oleh dewan juri yang merupakan praktisi akademisi. Terdapat bebagai penilaian, diantaranya adalah kebaruan dan keunikan program, dampak program terhadap lingkungan, serta dampak program untuk sosial masyarakat.

"Dan setelah dilakukan penjurian, terdapat 59 perusahaan yang memperoleh penghargaan dengan tiga kriteria berbeda, yaitu platinum, gold, dan silver," ujar Darwin.

Sumber: Narahubung Gregorius Adi Trianto Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Tlp. 021 7261122 Facs. 021 7227059