Langkah Konkrit Dandim 0105/Abar Bersama Seulangke Comunity Hijaukan Lahan Gersang Di Sungai Mas Dengan Menanam Pohon Produktif

ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV) –
Langkah konkrit Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution berkolaborasi dengan Seulangke Comunity merevitalisasi lahan tandus atau gersang milik masyarakat dengan menanam Ribuan bibit Pohon produktif yang berlokasi di Desa Tanah Mirah Kecamatan Sungai Mas. Senin, (02/02/2023).

Adapun bibit Pohon produktif yang ditanam oleh Dandim 0105/Abar yang bersinergi dengan Seulangke Comunity yakni jenis Durian, Alpukat, Jengkol, Pete dan Nangka. Jenis – jenis tanaman ini dipilih tidak hanya berfungsi sebagai reboisasi, namun hasil buahnya bisa dikonsumsi bahkan bisa menambah finansial disektor ekonomi bagi pemilik lahan atau masyarakat sekitar.

Program penghijauan ini melibatkan beberapa pemangku kepentingan diantaranya, Danramil 01/Sungai Mas Kapten Inf Dedi Wahyudi dan Keuchik Desa setempat serta Lembaga Seulangke Comunity. Dalam kesempatan tersebut, rombongan Dandim tidak hanya masif menanam saja akan tetapi sekaligus membagikan setidaknya 2.500 bibit kepada masyarakat sebagai pemantik semangat agar turut ikut andil menghijaukan kembali lahan – lahan tandus yang ada di sekitar lingkungan Desa setempat agar lebih nampak rindang dan asri.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 10/Woyla Barat Serda Kusmanto Membantu Kelompok Tani Menanam Padi

“Kami bersama Lembaga Seulangke Comunity dan Keuchik Desa setempat telah berkomitmen untuk menggalakkan penghijaukan kembali di lahan – lahan yang minim tumbuh – tumbuhan. Program masif ini memiliki manfaat tidak hanya menjadikan lahan sebatas lestari saja, namun juga menjadikan lahan lebih produktif. Pasalnya, tanaman jenis buah – buahan ini tentunya sekaligus mampu mendukung ketahanan pangan nasional”, terang Dandim di sela – sela aktifitasnya.

Baca Juga:  Menikmati Secangkil Kopi Bersama Masyarakat, Satgas TMMD Berbaur Dengan Warga

Masih menurut Dandim, Program revitalisasi ini setidaknya bisa mengembalikan fungsi ekologis lahan yang tandus dan gersang agar hijau kembali.

“Hal ini Kita lakukan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dalam menjaga ekosistem penghijauan. Disamping itu, Kita juga menggugah kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan agar tidak gersang. Untuk itulah Kita membagikan sebanyak 2.500 bibit kepada masyarakat agar di tanam di lingkungan tempat tinggalnya”, ulas Dandim.

Sementara, Yussa selaku Ketua Seulangke Comunity menimpali dengan mengatakan bahwa pembagian dan penanaman 2.500 bibit oleh Bapak Dandim 0105/Abar patut diapresiasi dan patut dicontoh oleh masyarakat luas. Karena, apa yang dilakukan oleh Dandim sangat berdampak positif terhadap kelestarian lingkungan hingga beberapa tahun kedepan.

Baca Juga:  Jelang Penutupan TMMD Ke-108, Warga Desa Lango Merasa Kehilangan Momen Dan Kebersamaan Terhadap TNI

“Apalagi menurut Kami ini adalah wilayah yang memang harus ditanami, karena pantauan dilokasi memang benar – benar gersang. Namun jarak tempuh yang jauh tidak menyurutkan langkah Dandim dan Kami untuk menghijaukan kembali daerah tersebut. Kami berharap, semoga tangan dingin Bapak Dandim sangat efektif dan efisien untuk menghijaukan atau memulihkan lahan gersang ini sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat hingga anak cucu generasi masa depan”, pungkas Yussan penuh asa.

 93 kali dilihat

Tagged