Mahasiswi Prodi Manajemen ini Sukses Selesaikan Final Thesis dengan Bimbingan Dosen Dua Negara

BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (LV) - Alvita Khairunisyah berhasil menyelesaikan final thesis dengan bimbingan dosen dua negara (Vietnam - Indonesia) pada Selasa, (8/3/22).

Dengan judul penelitiannya "Factors Affecting Personal Financial Management Behavior: Evidence from University Student in Indonesia and Vietnam" dipresentasikan melalui platform Google Meet, Alvita --biasa dia disapa -- merupakan mahasiswi Prodi Manajemen yang mengikuti program internasional di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Dalam penelitian tersebut, Alvita diuji oleh Mr. Phong Nguyen Anh dan Mrs. Anh Nguyen Anh dari University of Economics and Law (UEL), Vietnam serta dihadiri Susanti, S.E., M.M. dan Rico Elhando Badri, S.E.I., M.E., dosen dari IIB Darmajaya, Indonesia. Penelitian yang dilakukannya juga mendapatkan respon positif supervisor dari UEL, Vietnam.

Alvita mengungkapkan alasannya memilih penelitian tersebut karena masih banyak mahasiswa yang belum mengerti pentingnya personal financial management behavior. "Contohnya seperti masih kurangnya mahasiswa dalam budgeting, saving money dan controlling their expenses. Jadi penting banget bagi mahasiswa untuk memanage keuangan pribadi mereka," ungkapnya.

Kendala saat research, kata dia, paling dalam mengumpulkan survei data mahasiswa di Vietnamnya. "Tetapi tidak terlalu sulit karena dibantu Supervisor di UEL dan teman-teman exchange lainnya," tuturnya.

Menurutnya, supervisor dari UEL meminta untuk melakukan perbaikan sedikit dari penelitiannya. "Sudah bagus kata supervisor dan diberikan beberapa saran untuk perbaikan juga," ujarnya.

Sementara, Kepala UPT International Office IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd., mengatakan Alvita Khairunisyah merupakan mahasiswa yang mengikuti program internasional student mobility dengan menjalani penelitian atas bimbingan dosen mitra luar negeri dan dosen IIB Darmajaya. "Program ini sudah dilakukan IIB Darmajaya sejak lama dan bertujuan memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa," ungkapnya.

Dwiyan menerangkan mahasiswa ke depan menjadi lebih siap ketika telah lulus dan dapat bersaing dengan lulusan luar negeri. Dalam presentasi final thesis Alvita, juga dihadiri External Relation Officer UEL Mr. Nguyen Huu Tin dan Staf International Oftice IIB Darmajaya Sherli Trisnawati, S.Kom. "Karena dalam Era Industri 4.0 saat ini kompetensi lulusan tidak hanya didapat dari studi di dalam negeri tetapi wawasan lain dengan kolaborasi bersama perguruan tinggi mitra luar negeri," tutupnya. (**)