klik jangan lewatkan update kabar untuk anda

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Ratusan Prajurit Kodim Bojonegoro diturunkan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Ratusan Prajurit Kodim Bojonegoro diturunkan
JAWA TIMUR

BOJONEGORO, (LV)
Ratusan prajurit terbaik dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, diturunkan sebagai pelatih atau instruktur dalam rangka mendukung terlaksananya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023 yang berlangsung sepekan dari tanggal 18 hingga 22 Juli 2022 mendatang.

Ratusan anggota TNI tersebut, bekerjasama dengan puluhan lembaga pendidikan baik ditingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA sederajat yang tersebar diseluruh kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro guna memberikan pelatihan kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan bela negara kepada ribuan pelajar.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, Rabu (20/7/2022), menyampaikan, sekolah merupakan tempat kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk mendidik, menempa, mengasah serta mengembangkan potensi para peserta didik baik ilmu pengetahuan, ketrampilan maupun untuk membangun karakter dan kepribadian yang tujuannya agar siswa-siswi tersebut memiliki rasa cinta terhadap sekolah, dan lebih luasnya mempunyai rasa cinta terhadap tanah air.

Baca Juga:  Gotong Royong Ciri Khas Warga Pedesaan yang Patut Dilestarikan

“Kegiatan MPLS ini dalam rangka membantu adik-adik pelajar baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memotivasi semangat belajar, kemandirian, saling menghormati dan menghargai antara pelajar dan guru,” ujarnya.

Sementara, pelibatan anggota TNI pada kegiatan MPLS tersebut juga merupakan wujud kepedulian TNI untuk berkontribusi positif dalam dunia pendidikan serta turut mencerdaskan kehidupan bangsa demi keberlangsungan roda pendidikan bagi generasi penerus.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini salah satunya adalah pembentukan karakter. Menurut Dandim, pembentukan karakter tersebut sangat cocok dan relevan, terlebih bagi generasi muda. Karena saat ini tidak sedikit ditemukan siswa dan siswi yang berperilaku indispliner, sehingga pelatihan ini sangat penting diterapkan sejak dini khususnya penanaman kedisiplinan.

Baca Juga:  Linmas Ngrancang Ikuti Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Dari Anggota Satgas TMMD Dan Damkar Bojonegoro

“Hal ini juga wujud kepedulian TNI dalam mencetak generasi penerus yang tangguh, handal dan berkualitas. Sekaligus untuk memotivasi mereka (Pelajar) untuk semangat dalam belajar,” kata Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Kepala SMA Negeri 2 Bojonegoro, Dra. Rohani Cahyaning Pratiwi, MP.d., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro, dan berharap kerjasama seperti ini akan terus berlanjut kedepannya. Menurut Dia, pelatihan kedisiplinan tersebut juga sudah sinkron dengan program sekolah dalam membangun karakter, memupuk kekompakan, serta kedisiplinan para siswa.

Baca Juga:  Penghasil Pakan Jagung Terbanyak

“Sehingga siswa akan lebih bersemangat lagi dalam proses belajar, serta dapat terciptanya karakter kepribadian yang unggul,” pungkasnya.(*)

 77 kali dilihat