Masyarakat Gelar Sholat Ghaib Untuk Korban Hilangnya KRI Nanggala – 402

Masyarakat Gelar Sholat Ghaib Untuk Korban Hilangnya KRI Nanggala - 402
ACEH BARAT

Aceh Barat (LV)-
Saat ini, seluruh rakyat indonesia secara nasional tengah berduka atas berita musibah tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala – 402 milik TNI – AL di Perairan Bali, oleh karena itu, ba’da sholat dzuhur TNI (Kodim 0105/Abar), Polri dan masyarakat menggelar sholat ghaib, tahlil serta do’a bersama untuk 53 Kru Awak Kapal yang dinyatakan gugur. Kegiatan ibadah ini di gelar di Masjid Agung Baitul Makmur Jalan imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (27/4/2021).

Secara resmi, saat jumpa Pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai Bali pada Ahad petang (25/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan dengan menyatakan bahwa Kapal Selam KRI Nanggala – 402 yang sempat hilang kontak telah ditemukan namun dalam kondisi terbelah menjadi tiga bagian dan 53 Prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur dalam penugasan di Perairan Utara Bali.

Baca Juga:  Awali Kerja Anggota Satgas Melaksanakan Apel Pagi Di Lokasi TMMD

Adapun 53 Prajurit terbaik TNI – AL tersebut terdiri dari 1 Komandan Satuan, 3 Personil Senjata dan 49 ABK. Sebelumnya, Kapal Selam ini dinyatakan hilang kontak pada Rabu (21/4) ketika Komandan Pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan torpedo.

Berdasarkan kabar duka tersebut, banyak sejumlah pihak menggelar ibadah sholat ghaib, termasuk Kodim 0105/Abar bersama masyarakat Aceh Barat berbondong – bondong menggelar sholat ghaib di Masjid Agung Baitul Makmur. Bertindak sebagai lmam ialah Tgk. Abdullah (lmam Syik).

Usai sholat, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos, M.A.P, mengungkapkan perasaan duka cita yang sangat mendalam atas insiden ini.

“Atas nama Pribadi dan Keluarga Besar Kodim 0105/Abar, Saya menyampaikan duka cita yang sangat mendalam kepada patriot – patriot bangsa, syuhada yang telah meninggal, gugur ataupun wafat akibat tragedi Kapal Selam KRI Nanggala – 402 yang terjadi di Perairan Bali. Sebanyak 53 Prajurit dinyatakan gugur dalam melaksanakan tugas negara atau menurut istilah militer kemaritiman On Eternal Patrol. Tentunya ini kepedihan dan kesedihan kita bersama di tengah bulan Ramadhan”, ucap Dandim penuh pilu

Baca Juga:  Kebersamaan Ibu-Ibu Desa Lango Bersama Satgas TMMD Menyiapkan Nasi Bungkus

Dalam kesempatan ini Dandim mendoakan agar ke – 53 awak KRI Nanggala – 402 yang gugur sebagai syuhada dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga seluruh korban Husnul Khatimah, diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal shalehnya. Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan, kesabaran, kekuatan lahir dan batin serta sentiasa memperoleh curahan rahmat dan ma’unah dari Allah SWT. Karena semua ini merupakan ujian dari Allah SWT kepada hambanya”, ungkap Dandim

Tak lupa pula Dandim menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Aceh Barat untuk melaksanakan sholat ghaib dan mendoakan arwah untuk 53 kusuma bangsa yang gugur sebagai bentuk simpati dan empati. Namun dalam pelaksanaannya agar tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid – 19.

Baca Juga:  Ini Suasana Keakraban Satgas TMMD Ke-108 Dan Warga Saat Makan Bersama

Terakhir Dandim tetap memiliki asa, semoga puing – puing Kapal Selam dapat segera diangkat dan para korban seluruhnya dapat dievakuasi. (Pendim 0105/Abar)

 111 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini