Menanam AKHLAK: Pos Indonesia Tanam 27.600 Pohon Serentak

Faizal Direktur Utama PT Pos Indonesia. Sabtu, (17/09/2022).
Faizal Direktur Utama PT Pos Indonesia. Sabtu, (17/09/2022).
JAWA BARAT

Jawa Barat (LV) – Rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-276 Pos Indonesia pada tanggal 26 Agustus 2022 yang mengusung tema Pos Indonesia untuk 276 Tahun ke Depan masih berlanjut dengan kegiatan Pos Indonesia menanam pohon.

Pos Indonesia melakukan penanaman sebanyak 27.600 pohon serentak di seluruh lingkungan Pos Indonesia Group. Kegiatan yang bertajuk “Menanam AKHLAK” ini merupakan perwujudan bakti terhadap lingkungan sekaligus komitmen menjaga nilai-nilai AKHLAK oleh seluruh Insan Pos dari Sabang sampai Merauke.

Penanaman enam pohon AKHLAK dilakukan di Kampus Universitas Logistik & Bisnis Internasional (ULBI) oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, bersama Wantimpres Sidarto Danusubroto, Komisaris Pos Indonesia, dan Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi. Dalam rangkaian acara ‘Menanam AKHLAK’, dilakukan juga teleconference dengan 42 Kantor Pos cabang utama seluruh Indonesia.

Opa Sidarto, panggilan akrab Sidarto Danusubroto mengungkapkan rasa syukurnya dapat hadir pada acara penanaman pohon AKHLAK di ulang tahun ke-276 dari PT Pos Indonesia. “Itu adalah kehormatan bagi saya. Saya lalu teringat kembali waktu saya menjadi ajudan Bung Karno pasca Super Semar. Saat itu beliau melarang penebangan hutan sama sekali Dulu beliau ngomong gini sama saya “Yang punya hutan alami itu hanya Brazil, Kongo, dan Indonesia. Tanpa kita menebang hutan, dunia butuh paru-paru Indonesia”. Saya harap inspirasi dari Bung Karno ini diwarisi oleh segenap keluarga besar PT Pos Indonesia di seluruh Indonesia, dengan menanamkan pohon AKHLAK tadi,” pesan Opa Sidarto.

Baca Juga:  Resmikan SPKLU Ultra Fast Charging Pertama di RI, Presiden Jokowi: Apresiasi Kesiapan PLN Dukung KTT G20

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, menyambut baik inisiatif Pos Indonesia menyelenggarakan kegiatan menanam pohon dikaitkan dengan internalisasi nilai-nilai AKHLAK kepada seluruh karyawan Pos Indonesia. “Menanam pohon yang dilakukan oleh Pos Indonesia ini bisa menjadi percontohan untuk BUMN yang lain. Karena kami punya program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk menanam satu juta pohon serentak oleh seluruh BUMN yang direncanakan berlangsung pada bulan November 2022,” kata Tedi.

Tedi menambahkan, bahwa tidak ada perusahaan yang mencapai ulang tahunnya yang ke-276 tahun, bila tidak memberikan value dan tidak memberikan nilai tambah. “Kalau tidak bermanfaat tidak akan bisa. Bukti hari ini bahwa PT Pos Indonesia berulang tahun ke-276. Ini adalah bukti bahwa PT Pos Indonesia memang memberikan manfaat nyata kepada masyarakat Indonesia. Yang kedua, PT Pos Indonesia memang harus bertransformasi, sehingga nantinya benar-benar ini akan sustaine,” ujar Tedi.

Baca Juga:  Erick Thohir Apresiasi Pemberdayaan Ratusan Anak Penyandang Disabilitas Binaan PLN di Bandung   

Program AKHLAK, jelas Tedi, tidak hanya sekedar geranium, dan tidak hanya sekedar slogan. “Nantinya ini, behavior atau perilaku ini nantinya harus ada garisnya ke Bottom Line. Perilaku dari karyawan, perilaku dari management yang baik itu menentukan sustainability dari perusahaan. Ini yang sedang kita cari bersama korelasinya, sehingga nantinya kita pastikan BUMN-BUMN kita, yang kinerjanya sudah baik, akan lebih baik lagi. Yang belum baik akan kita perbaiki. Tidak hanya hubungan teknis, hubungan kompetensi dari para management dan juga karyawan ini tidak kalah pentingnya, sehingga AKHLAK ini akan terus kita lakukan, akan terus kita berdayakan, sehingga benar-benar menjadi fore value dari BUMN” Ujar Tedi Bharata, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi) Kementerian BUMN.

Sementara itu, Faizal Direktur Utama PT Pos Indonesia (persero) menyebut bahwa kegiatan ini juga masih satu rangkaian peringatan HUT Pos Indonesia ke-276 pada tanggal 26 Agustus 2022, khususnya memperkuat peran perusahaan dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial pilar lingkungan. Pemilihan tema Menanam AKHLAK memiliki makna bahwa insan Pos Indonesia menjadikan budaya AKHLAK sebagai core value dalam keseharian termasuk kepedulian pada kelestarian lingkungan hidup di sekitar lokasi kantor pos dan jaringan Pos Indonesia Group. “Kita ingin ratusan tahun lagi hutan hidup, maka ditandai pohon sebanyak 27.600 pohon, tersebar di 4860, jadi jumlah Kantor Pos ini di seluruh Indonesia ada 4860. Betul-betul kita tanam sebanyak 27.600 pohon,” kata Faizal.

Baca Juga:  Danrem Kunjungi Budidaya Jamur Tiram Reginda di Langensari-Banjar

Dalam kegiatan penanaman pohon yang dilakukan juga secara teleconference dengan 45 Kantor Cabang Utama (KCU) di yang tersebar di beberapa daerah. Dan sebanyak 106 KCU yang tidak ikut teleconference juga serentak ikut melakukan penanaman pohon.

Pelaksanaan penanaman pohon serentak di seluruh Kantor Pos Indonesia:
Kantor Pos Pusat : 60 Pohon
Kantor Pos Regional : 150 pohon
KCU : 588 pohon
KC : 2028 pohon
KCP : 24770 pohon. (Lang/YP)

 41 kali dilihat

Tagged