Mencuci Motor Harus Tunggu Mesin Dingin, Ini Alasannya

Mencuci Motor Harus Tunggu Mesin Dingin, Ini Alasannya
OTOMOTIF

Lampung Selatan –
Saat sudah lelah beraktivitas seharian dengan motor, rasanya ingin sekali segera mencucinya setelah sampai di rumah maupun kos. Terkadang karena tidak sabar, kita lantas langsung mengguyur motor dengan air dari selang, meski mesin motor masih terbilang panas. Ternyata, kebiasaan ini tidak disarankan, lho!

Sebab sebaiknya, mencuci motor idealnya dilakukan ketika mesin sudah dingin. Bukan tanpa alasan. Berikut ini penjelasan yang penting untuk Anda simak sebagai pemilik motor.

Cucilah motor saat mesin sudah dingin
Motor memang rentan cepat kotor dan dihinggapi berbagai partikel kotoran jika Anda masih rutin beraktivitas menggunakannya di musim hujan seperti saat ini. Tentu saja, mencuci motor sangat disarankan. Namun, ingatlah untuk melakukannya ketika mesin motor sudah dingin. Kenapa begitu?

Baca Juga:  TDM DIPONEGORO PERPANJANG PEMBERIAN DIRECT GIFT JAKET EKSKLUSIF UNTUK VARIO 150

1. Mencegah thermal shock
Alasan pertama untuk menunggu mesin motor dingin sebelum mencucinya adalah untuk menghindari terjadinya thermal shock. Ternyata jika Anda mencuci ketika mesin motor masih panas, bisa terjadi penyusutan material tiba-tiba karena paparan dengan air dingin. Terlebih, ada banyak komponen metal pada bagian mesin motor. Kondisi inilah yang disebut dengan thermal shock.

2. Menghindari uap
Alasan lainnya adalah untuk menghindari munculnya uap. Saat Anda mencuci motor dalam keadaan mesin panas, akan muncul uap. Selanjutnya, uap ini akan menimbulkan embun pada lampu motor maupun speedometer. Bahkan tak jarang, efeknya pun terlihat dari waterspot atau bercak-bercak pada bagian bodi motor. Embun atau uap ini akan mengganggu pencahayaan dari lampu dan membuat speedometer menjadi buram.

Baca Juga:  Mau Service Tanpa Antri..?? Di TDM Diponegoro Jawabannya

Waktu yang tepat untuk mencuci motor
Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menunggu mesin motor dingin terlebih dahulu sebelum mencucinya. Anda disarankan untuk menunggu suhu mesin turun, kira-kira selama 20-30 menit. Jadi, mesin motor Anda tidak cepat rusak.

Tidak masalah Anda ingin mencuci waktu di pagi maupun malam hari. Meski begitu, sebaiknya Anda rutin mencucinya, setidaknya seminggu sekali. Jangan tunggu motor kotor dulu baru Anda mencucinya. Sebab kalau kotoran sudah terlanjut lama menempel di motor, tentu effort Anda untuk mencucinya juga jadi lebih besar, kan? Tambah Ardi-Mekanik Ahass TDM Sidomulyo

 1,298 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tagged