Menuai Kritik Ambulans RSUD Ryacudu dinyatakan Direktur Gratis

LAMPUNG UTARA

Lampungvisual.com-Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi, dr. Syah Indra  Husada menyatakan bahwa jasa layanan mobil ambulans di RSUD yang dipimpinnya gratis untuk masyarakat Lampura tanpa terkecuali.

Menurutnya, adanya oknum RSUD yang meminta sejumlah uang (tarif) bagi pasien yang ingin mendapatkan jasa ambulans itu dikarenakan ketidaktahuan oknum staff  RSUD akan adanya program Bupati yang menggratiskan jasa mobil ambulans untuk masyarakat Lampung Utara (Lampura).” Itu terjadi karena mis komunikasi. Pokoknya semua gratis bagi siapapun pasien, karena semuanya telah disupport (disubsidi) oleh pemerintah daerah,” ujar Indra.

Indra juga berterimakasih atas pemberitaan itu merupakan masukan terhadap kinerja rumah sakit dan ini menjadi cambuk agar kinerja di RSUD Ryacudu menjadi lebih baik ” Ya semua kami anggap sebagai koreksi dan masukan, agar kedepannya menjadi lebih baik” terangnya

Baca Juga:  Pemkab Lampura beri Vaksinasi Booster bagi ASN

” Kemarin sudah saya kumpulkan seluruh sopir ambulan dan saya tekankan bahwa jasa ambulan gratis untuk siapa saja. Jika kedepan masih terjadi maka saya akan memberikan sanksi yang tegas dan itupun sudah mendapat restu Pak Sekda. Kami terus melakukan pembenahan dan perbaikan di segala lini,” tambah Indra.

Saat dikonfirmasi masalah komitmen  RSUD dalam melakukan pelayanan kesehatan dan landasan hukum tarif rumah sakit, Dokter spesialis kandungan itu mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan Khusus bagi pasien yang tidak mampu karena menurutnya mayoritas pasien di RSUD Ryacudu merupakan masyarakat yang tergolong tidak mampu. Sedangkan terkait tarif yang tercantum dalam peraturan daerah (perda) nomor 3 Tahun 2013 dan  setelah dievaluasi memang sudah tidak relevan lagi, ditambah lagi RSUD sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) jadi cukup melalui peraturan Bupati (Perbup).” Ya kita berkomitmen memuliakan orang tidak mampu dengan memberikan perhatian lebih kepada pasien yang berada di ruang kelas III. Untuk tarif sendiri secepat mungkin kita akan buat tim untuk membuat dan mengusulkan regulasi yang mengatur itu semua,” pungkasnya

Baca Juga:  Pisah Sambut Kepala Rutan kelas ll B Kotabumi

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara,S.STP.,MH., yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Drs. Samsir, MM mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sedang melaksanakan Program Windu Cita, yang salah satunya adalah pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat Lampung Utara. Selain itu, Sekda menegaskan bahwa apa yang sedang diberitakan ini merupakan hanya kesalahpahaman saja antara pihak Rumah Sakit dengan masyarakat.

Baca Juga:  Lakukan PDPB, KPU Dan Bawaslu Lampura Kunjungi Disdukcapil Setempat

“Program Bupati adalah pelayanan kesehatan gratis, yang lebih di utamakan untuk masyarakat yang kurang mampu” Tegas Sekda.(Red/Humas)

 670 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.