Parade Tari Daerah Tingkat Provinsi Way Kanan Raih Juara Runner-Up

RAGAM BUDAYAWAY KANAN

Lampungvisual.com, Waykanan-Keikut sertaan Kabupaten Way Kanan dalam Parade Tari Daerah Lampung Tahun 2017, kembali menorehkan prestasi yang cukup menggembirakan. Dalam Even Rutin tahunan Tingkat Propinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Propinsi Lampung. Acara tersebut  berlangsung di  di theater tertutup Taman Budaya Provinsi Lampung, Rabu,(29 Maret 2017). Sebanyak 9 kabupaten/kota se Lampung termasuk Way Kanan,  menjadi peserta. Ada 4 kategori juara yang diperlombakan  yaitu Penampil terbaik, Penata tari terbaik, Penata rias & kostum terbaik, dan Penata musik terbaik.

“Alhamdulillah Way Kanan menjadi pemenang 4 kategori tersebut, yakni menjadi 7 besar penampil terbaik, terbaik ke III Penata tari, terbaik ke III penata rias dan kostum dan menjadi juara terbaik ke II penata musik,” papar Eltra Fesadilop, pendamping peserta parade utusan Waykanan, Kamis (30/3) di Blambangan Umpu.

Baca Juga:  KPU Way Kanan Minta Warga NU Jangan Golput

Ia menambahkan,  dari Way Kanan sendiri menampilkan tari kreasi  Mancuh kenui kebawok. Kenui Kebawok merupakan salah satu dari sekian banyak benda pusaka milik Raden Djambat, yang merupakan keturunan keluarga Umpu Putera Lima Sakti di Kabupaten Way Kanan. Sedangkan  Mancuh Kenui Kebawok adalah sikap batin pemegang pusaka tersebut dalam proses memandikan atau membersihkan pusaka  dengan maksud merawat dan menjaga pusaka agar tetap terjaga dari kerusakan.

“Prosesi ini di mulai dari merendam Kenui Kebawok di air kelapa, mewerangi, hingga meminyaki dan memberi wewangian pada malam Kenawat Cakak (Bulan Purnama), adanya tradisi tersebut merupakan suatu wujud penghormatan atas kerja sang empu pembuat pusaka dan atas berkah Tuhan yg di berikan pada pusaka tersebut,” jelas Eltra.

Baca Juga:  Lebih 15 Ribu Peserta Tumpah Hadiri MSRF Way Kanan

Dari keterangan pendamping, yang berhasil mengharumkan Daerah Kabupaten Way Kanan yaitu M. Nurhayatun Nufus, sebagai penata tari dan juga sebagai penata rias, Rudi Dharmawan sebagai penata musik, serta Dewa Putu Eka Budi sebagai penata kostum. Sementara penari berasal dari

Sanggar “Radin Jambat” binaan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Way Kanan Drs. Harun Anosa, MM. Kepala Dinas Porapar Way Kanan Drs. Harun Anosa MM,  sebagai pembina sanggar, mengaku bangga atas prestasi anak asuhnya.

 Sementara itu, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, SH., MM, juga sangat bangga atas prestasi yang didapat oleh peserta parade.

“Mereka memang hebat, saya ikut bangga atas prestasi yang telah didapatkan, saya juga mengucapkan terima kasih karena sudah mengharumkan nama Way Kanan,” ujar Adipati via Whatsup. Bahkan, Bupati Way Kanan ini akan menjadwalkan khusus untuk bersilaturahmi dengan para penari dan pelatih, yang telah berkarya dalam ajang se-provinsi itu. “Kita coba jadwalkan silaturahmi dengan mereka nanti, supaya mereka bisa lebih maksimal dan lebih baik lagi apabila ada parade serupa, sehingga diharapkan mampu mewakili Lampung ke ajang parade nasional,” tutur Adipati. ( M Fikri).

 1,353 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.