Pastikan Ikuti Panduan, Aparat TNI, Polri dan Satpol PP, Pantau Masjid dan Penyembelihan Hewan Qurban

KODIM CILACAP

Cilacap – Pastikan pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban sesuai panduan Surat Edaran Bupati Cilacap No. 440/04408/04 tahun 2021, Aparat TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap bersama Aparat Kepolisian dan Keamanan lainnya, melaksanakan pemantauan kegiatan peribadatan di Masjid dan Mushola yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, Selasa (20/7/21).

Di wilayah Kecamatan Jeruklegi, diawali Apel Tiga Pilar, dilanjutkan patroli gabungan Aparat TNI, Polri dan Satpol PP dalam rangka memantau pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan dipimpin langsung Kapolsek Jeruklegi. Sasarannya adalah tempat ibadah seperti masjid dan mushola dan juga menyasar ke Pasar Desa Jeruklegi Wetan guna memastikan tidak adanya kerumunan massa.

Hal yang sama dilaksanakan Tiga Pilar Kecamatan Wanareja. Selain memantau ada tidaknya pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid dan Mushola, Aparat Gabungan juga memantau jalannya penyembelihan hewan qurban. Didapati satu tempat di Desa Adimulya penyembelihan hewan qurban 1 ekor sapi dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ketat oleh panitia qurban, sedangkan untuk wilayah lainnya, penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan pada keesokan harinya.

Baca Juga:  Babinsa Bersama Warga Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Ciberem Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan

Dikatakan Kapolsek Jeruklegi Iptu Hadi Nugroho, dari beberapa desa yang dipantaunya tidak ditemui pelaksanaan sholat idul adha baik di masjid maupun di lapangan terbuka, semuanya berjalan dengan aman dan dilaksanakan warga di rumahnya masing-masing, sedangkan untuk penyembelihan hewan qurban, hanya ditemukan di satu tempat dan berjalan sesuai protokol kesehatan yang ketat.

“Hanya satu tempat yang kita temui pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, namun sesuai aturan, kegiatan berjalan sesuai protokol kesehatan yang ketat,” terang Kapolsek Wanareja.

Baca Juga:  Babinsa Madura Dampingi Tim BPN Cilacap Sosialisasi dan Pelatihan Program PTSL

Danramil 16/Wanareja melalui Serka Abdul Rahmat menambahkan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban untuk warga muslim di wilayah Kecamatan Wanareja sebagian besar dilaksanakan pada esok hari yaitu Rabu tanggal 21 hingga 22 Juli 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Data ini kita himpun dari beberapa tempat yang kita kunjungi, harapannya pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, tidak menimbulkan kerumunan massa dan tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” Harap Serka Abdul Rahmat.

Di wilayah Kecamatan lainnya, kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Aparat gabungan TNI, Polri dan Satpol PP. Di Kelurahan Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara, ada 11 Masjid yang didatangi namun warga masih mematuhi panduan sholat idul adha yang harus dilaksanakan di rumahnya masing-masing.

Baca Juga:  Pelatihan Tehnologi Tepat Guna di Desa Kuripan Induk, Ini Kata Babinsa

Demikian halnya dengan perlakuan penyembelihan hewan qurban dan pembagiannya kepada warga yang kurang mampu, semuanya diharapkan berjalan dengan protokol kesehatan. Bahkan informasi dari salah satu Takmir Masjid, hewan qurban yang disembelih harus dinyatakan sehat oleh Dinas Peternakan Kabupaten Cilacap. (Urip)

 68 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini