Pemerintah Lampung Utara Terima Penghargaan Prestasi Ke-56

LAMPUNG UTARANASIONAL

Lampungvisul.com-Ada ungkapan sederhana yang mengatakan siapa yang menanam dia jua akan Memetik hasilnya, sama halnya dengan hiruk pikuk perjalanan karier H. Agung Ilmu Mangkunegara berkiprah di Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara, yang mempunyai Motto Bersatu Kita Kuat Bersama Kita Hebat.

Selama kepemimpinan H. Agung Ilmu Mangkunegara  Kabupaten Lampung Utara telah menerima 56 penghargaan, Baik itu tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Hari ini, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. S.H.M.H., di dampingi Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara.S.STP.M.H., langsung meninjau Dinas Disduk dan Capil Lampung utara dalam pelaksanaan Pembuatan Kartu Keluarga, KTP dan Akta lainnya. Kamis (20/10/2016)

Beliau berdialog dengan masyarakat mengenai pelaksanaan KK, KTP., “Berapa lama ibu menunggu proses pembuatan kartu keluarga,” kata Zudan Arif Fakrulloh, kepada seorang warga soal pelayanan publik di Lampung Utara itu.

Warga yang ditanya langsung memberikan jawaban pelayanan sangat cepat. “Nggak lama pak, cuma menunggu antriannya saja yang agak lama,” kata warga itu. Saat melakukan peninjauan di Beberapa ruangan pelayanan kependudukan, Zudan Arif Fakrulloh, meminta pegawai Disdukcapil bisa memberikan pelayanan prima. “Untuk pembuatan KK dan KTP berapa lama diprosesnya, selesai dalam waktu 10 menit,” tanya Dirjen. Menurut dia, Program Salam 10 Menit dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil harus bisa lebih meringankan kesulitan masyarakat dalam memperoleh data kependudukan.

Bupati bersama dirjen dan rombongan melihat langsung proses berjalannya pelayanan di DISDUK CAPIL KABUPATEN LAMPURA, berdialog langsung dengan masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan, selain itu mereka juga berdialog dengan para aparatur sipil Disdukcapil.

Baca Juga:  Bupati Lampura Menghadiri Pengajian Triwulan Muslimat Nu di Desa Pagar

Bupati Lampung Utara dalam sambutannya menyampaikan pelayanan yang ditunjukan merupakan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Lampung Utara dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat, khususnya Pelayananan Kependudukan dan Pencatatan Sipil,”Saat ini, di Kabupaten Lampung Utara, di seluruh kecamatan sudah melayani perekaman data kependudukan pada hari Sabtu dan Minggu,” kata Agung Ilmu Mangkunegara.

“Sekarang kami sudah menjalankan program perekaman di Sekolah-sekolah agar  siswa yang sudah cukup umur bisa terdata,” tambah Agung

Bupati Lampung Utara juga mengharapkan  pemerintah pusat dapat meningkatkan bantuan peralatan dalam Pelayanan administrasi seperti Mobil berikut peralatannya yang dapat masuk ke Pelosok-pelosok desa. Sebab,wilayahnya baru memiliki satu unit mobil yang di peruntukan ke luar masuk desa untuk mempermudah masyarakat membuat administrasi kependudukan.

“Kami baru mempunyai satu mobil yang di anggarkan melalui anggaran daerah,Semoga, Dengan kedatangan pak Dirjen ini Jumlah mobil pelayanan Administrasi kependudukan kami bisa bertambah karena wilayah kami cukup luas,.”Ujar Agung.

Selain itu Bupati menambahkan,”Untuk meningkatkan efektifitas pelayanan publik kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Lampung Utara menerapkan 3 program pelayanan administrasi dan kependudukan. Pelayanan tersebut mencakup Biodata penduduk, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Pendududuk (KTP), Surat Keterangan Kependudukan, Surat Pindah Tempat Antar Kabupaten dan Akta Pencatatan Sipil. Program pertama yang dilakukan adalah program pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Lampung Utara. Dalam program ini masyarakat bisa langsung dilayani di kantor Dinas dalam pengurusan maupun pembuatan dokumen. Program kedua adalah program jemput bola. Para petugas dari Disduk Capil Kabupaten Lampung Utara mendatangi kelurahan yang ditunjuk di mana sudah ada 20 orang minimal pendaftar, untuk membantu mengurus dan membuat dokumen yang diperlukan masyarakat Lampung Utara dan  program yang ketiga adalah program pelayanan keliling Adminduk.

Baca Juga:  Baru dua Parpol Yang Menyerahkan Berkas ke KPU Lampura

Usai memberikan sambutan pada acara tersebut, Bupati Lampung Utara langsung menerima Penghargaan Prestasi dan Keberhasilan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Penerbitan KTP Elelktronik sehingga Kabupaten Lampung Utara berhasil mencapai Target Sesuai yang Telah ditetapkan, yang diberikan langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. S.H.M.H.

Dirjen Dukcapil Kemendagri terkesima melihat cepatnya pelayanan terhadap masyrakat yang di lakukan oleh pegawai disduk capil. Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. S.H.M.H.

Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara terhadap pelayan Kependudukan dan Pencatatn Sipil dan beliau mengapresiasi terhadap cepat nya proses administrasi pelayana DISDUKCAPIL Lampung Utara.”Dari seluruh wilayah yang saya kunjungi, baru saat ini saya saksikan ,pelayanan yang luar biasa, hari ini saya lihat  pelayanan kurang dari 5 menit, sangat luaar biasa”Paparnya.

Pelayanan kilat yang di lakukan oleh Dukcapil Lampung Utara ini merupakan capaian yang bagus yang wajib di kabarkan ke pemerintah pusat,  Agar dapat menjadi pendorong bagi Daerah-daerah lain di indonesia untuk meniru hal Serupa.

Baca Juga:  Camat Bukit Kemuning Kunjungi Desa Sukamenanti

“Pelayanan lima menit ini Harus di beritahukan ke pusat Mudah-Mudahan pelayanan seperti di Kabupaten Lampung Utara ini jadi model pelayanan se-indonesia.”Tegasnya.

Usai memberikan sambutan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. S.H.M.H. didampingi Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara.S.STP.M.H. dan Wakil Bupati Lampung Utara dr. H. Sri Widodo.M.Kes. Sp. PD.,FINASIM memukul Gong tanda diresmikannya Program” Salam 10 Menit ” Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Lampung Utara. Pada rangkaian Kunjungan Kerja Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh. S.H.M.H., di Kabupaten Lampung Utara menyempatkan meninjau lokasi Gedung Korpri Lampung Utara, Pos Pelayanan Kesehatan Korpri dan Mobil Ambulance Korpri. “Saya Baru Kali ini Melihat Gedung Korpri Semegah ini, Saya Kira Tadi Gedung ini Bukan Dijalan Besar Seperti ini, dan Hanya Memiliki Dua Ruang Kecil, Satu Ruang Seketaris Yang Satu Ruang Tata Usaha” Ujar Dirjen. (Sis wanto)

 591 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.