Pemuda Peduli Lingkungan Memperingati Hari Air Sedunia

WAY KANAN

Waykanan, Lampungvisual.com-Memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2017 Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam (Pemula) Kabupaten Waykanan bersama berbagai elemen masyarakat termasuk Pemkab  menggelar berbagai kegiatan , Diantaranya Bersih Bersih lingkungan, penanaman pohon dan pembuatan lubang biofori. Kegiatan yang berlangsung di Sabtu , (25/3) di kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu tersebut diikuti hampir 500 orang diantara nya pelajar.pihak Kecamatan,Koramil, Polsek, masyarakat sekitar dan dari UPT pertanian dan Kesehatan.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan  Darwis Ali mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan  edukasi serta untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat dan pelajar terhadap kepedulian lingkungan.

Baca Juga:  Raden Adipati Surya Lepas keberangkatan JCH asal Way Kanan

Kegiatan ini juga sekaligus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk Hemat air. “Air terbatas. Air digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak lagi manusia dan kita hanya punya satu ekosistem untuk mendapatkan air,” imbuh Darwis.

Di rumah misalnya, kita bisa menggunakan kembali air limbah bekas mencuci beras atau sayuran, untuk menyiram tanaman di halaman. Di daerah perkotaan, air limbah bisa diolah sehingga dapat digunakan untuk menyiram tanaman di ruang terbuka hijau. “Selain itu, langkah langkah kecil ini juga membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, salah satunya meningkatkan kualitas air dengan mengurangi separuh proporsi air limbah yang tidak diolah dan meningkatkan daur ulang air dan penggunaan kembali yang aman.”Papar Darwis

Baca Juga:  Buka Musrenbang Kecamatan, Adipati Minta usulan pembangunan selaras dengan Visi-Misi Way kanan Unggul dan Sejahtera

Camat  Baradatu Ary Anthony  Thamrin Mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh  PEMULA Waykanan dan berharap kegiatan  serupa dapat terus dilakukan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, warga Bumi Rejo bisa termotivasi untuk terus melakukan pembenahan apalagi kampung ini terpilih mewakili Kabupaten Waykanan  dalam lomba P3KSS tingkat Propinsi Lampung dan Kabupaten Way Kanan bisa meraih penghargaan terbaik.” Pungkas Alumni STPDN itu.

Diketahui Hari Air Sedunia diperingati setiap  22 Maret. Untuk Tahun ini memberi perhatian khusus pada upaya mempertahankan sumber daya air berkelanjutan dengan tema: Kenapa Air Buangan? Tema ini berkaitan dalam hal mengurangi dan menggunakan kembali air buangan yang bersumber dari rumah tangga, industri dan atau kotapraja (perkantoran).

Baca Juga:  Babinsa Koramil 427-01/pkr Sosialisasi pentingnya menerapkan 4 M cegah penyebaran Covid-19

Tema yang diusung tahun ini juga turut mendukung SDG 6 dalam meningkatkan kualitas air dan mengurangi, serta  menggunakan kembali air buangan. ( M Fikri).

 496 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.