Pimpin Transisi Energi, PLN Gelar Seminar Internasional “The Energy Transition Day” di Bali

Pimpin Transisi Energi, PLN Gelar Seminar Internasional "The Energy Transition Day" di Bali
NASIONAL

PLN mendukung peningkatan wawasan dan komitmen untuk transisi energi di Indonesia melalui kolaborasi jangka panjang dengan berbagai pemangku kepentingan

Nusa Dua, 31 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) mendukung hadirnya seperangkat peta jalan transisi energi terintegrasi sebagai langkah menuju target net zero emission 2060.

Untuk menghadirkan peta jalan tersebut, PLN aktif menggelar forum diskusi yang menjadi titik temu bagi pemangku kepentingan untuk mempercepat langkah transisi energi. Salah satunya dengan menggelar The Energy Transition Day, 1 November mendatang. Gelaran ini juga menjadi bagian untuk menyemarakkan G20.

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi mengatakan Indonesia telah berkomitmen pada Paris Agreement melalui Nationally Determined Contribution (NDC). Pada skenario business as usual emisi pada sektor kelistrikan Indonesia akan mencapai 1.057 juta tCO2 pada tahun 2060.

Baca Juga:  Satgas TMMD Reg-109 Karanganyar Lakukan Evaluasi Bersama Warga

Sejalan dengan inisiatif untuk mencapai NDC, PLN pun telah menyiapkan dan menetapkan rencana transisi energi jangka panjang. Terdapat 8 lighthouse initiative yang akan ditampilkan pada area expo, yaitu pemensiunan PLTU batubara, co-firing biomassa, ujicoba co-firing hidrogen dan ammonia, pembangunan pembangkit EBT, smart grid, green energy as a service, dan ekosistem kendaraan listrik. Capaian ini penting untuk ditunjukkan pada pertemuan G20 mendatang mengingat transisi energi merupakan agenda prioritas presidensi Indonesia pada G20 tahun ini.

Baca Juga:  Pjs Danramil 04/Jebres hadiri Grand Opening  Graha TA Media Grup Surakarta

“Program-program transisi energi PLN ini diharapkan akan diumumkan pada G20, untuk menciptakan efek gaung secara global dan mengajak negara lain untuk melakukan upaya yang sama,” ujarnya.

Evy mengatakan dengan adanya The Energy Transition Day, diharapkan dapat memberi ruang bagi stakeholders untuk membahas urgensi transisi energi. Tidak hanya itu, forum ini juga diharapkan dapat menyatukan organisasi lokal dan internasional untuk berkolaborasi dalam transisi energi.

“Hasil dari forum ini akan dapat menambah wawasan dan jejaring terkait praktik terbaik untuk percepatan transisi energi,” tegasnya.

Baca Juga:  Kemensos Hadir Grace Batubara Berikan Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Lampung Selatan

Forum internasional ini, akan menghadirkan berbagai pembicara kompeten dari perwakilan pemerintah, praktisi energi baru terbarukan, lembaga finansial global dan lainnya. Acara ini juga akan dihadiri sekitar 300 peserta yang mewakili lebih dari 10 negara.

Dalam acara ini juga PLN akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama terkait pengembangan EBT, battery energy storage system, akselerasi ekosistem kendaraan listrik, dan jual beli sertifikat energi terbarukan atau Renewable Energy Certificate.

Sumber: Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

 76 kali dilihat