Prasetyo: Motivasi Minat Baca Masyarakat Way Kanan

Prasetyo: Motivasi Minat Baca masyarakat Way Kanan
NASIONAL

Lampungvisual,com-Minimnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan literasi di Kabupaten Way Kanan menjadi salah satu sebab kurangnya minat baca masyarakat di kabupaten itu.

Tidak adanya ruang publik bagi masyarakat yang memungkinkan untuk memperoleh bacaan juga sangat disayangkan. Hal itulah yang mendasari Eko Prasetyo selaku penggiat perpustakaan yang berkeliling ke Kampung-kampung dan Kecamatan-kecamatan untuk  mengkampanyekan budaya minat baca.

“Ruang publik seperti taman baca atau perpustakaan kampung di Way Kanan ini masih sangat minim. Jadi jangan disalahkan masyarakatnya yang jarang membaca. Buktinya ketika saya menggelar lapak perpustakaan buku di berbagai Kampung dan Kecamatan banyak kok masyarakat yang antusias membaca. Bahkan tak jarang saya diminta untuk hadir lagi di tempat itu.”ujar Eko. Minggu (16/10).

Baca Juga:  Tentara Akan Ciptakan Tembok Kokoh Pengganti Dinding Kayu Lapuk

Eko juga menambahkan, mestinya Pemkab. Way Kanan menciptakan ruang publik berupa taman baca atau perpustakaan di area yang strategis yang mudah diakses oleh masyarakat. Dengan begitu budaya membaca sebagai salah satu upaya mencerdaskan masyarakat dapat terwujud.

“Saya ingin sekali melihat Way Kanan ini memiliki perpustakaan Kampung di seluruh kampungnya. Saya yakin jika Way Kanan ini dapat melaksanakannya, akan menjadi kabupaten yang meraih rekor MURI. Karena belum ada Kabupaten se Indonesia ini yang memiliki hal tersebut. Dari 221 kampung baru ada 31 kampung yang memiliki perpustakaan. Belum lagi dengan Sekolah-sekolah Islam dan Sekolah-sekolah swasta yang saya temui banyak yang belum memiliki perpustakaan.”ungkapnya.

Baca Juga:  Pekan ketiga Ramadhan, BEM STIBI Gelar Tadarus Puisi dan Sinau Dongeng

Eko aktif berkeliling ke Sekolah-sekolah yang tidak memiliki perpustakaan untuk menggelar lapak perpustakaan buku yang ia bawa. Tak jarang ia juga memberikan Buku-buku itu kepada sekolah yang menurutnya sangat memprihatinkan.

Ketika ditanya darimana Buku-buku yang ia peroleh, Eko menjawab bahwa buku-buku itu didapat dari sumbangan masyarakat yang mendonasikan buku layak baca kepada dirinya. Motivasi Eko berkeliling melakukan lapak perpustakaan buku hanya karena ingin masyarakat terutama anak-anak agar bisa membaca.

Terpisah Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya, S.H,. M.M sangat mengapresiasi yang telah dilakukan Eko selama ini, bahkan Adipati langsung memerintahkan seluruh SKPD untuk menyumbangkan buku agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.”Saya sudah menghubungi saudara Eko, dan menyampaikan bahwa setiap dinas akan memberikan buku sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kegiatan sosial yang dilakukannya,” ujar Adipati. (Basri)

 588 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.