Provinsi Lampung Dapatkan Predikat Universal Health Coverage dari BPJS

BANDAR LAMPUNG

Bandar Lampung (LV) – Provinsi Lampung resmi meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) setelah mendaftarkan 80,06% penduduknya ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. Penganugerahan piagam penghargaan oleh BPJS Kesehatan diterima langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Mahan Agung, Rabu (12/10).

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung, Lisa Nurena mengapresiasi terwujudnya UHC di Provinsi Lampung dimana per bulan Oktober 2022 cakupan kepesertaan penduduk dalam Program JKN di wilayah Provinsi Lampung mencapai 7.662.171 jiwa dari total penduduk 8.901.566 jiwa.

“Ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi Lampung hadir dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Lampung. Semoga kedepannya Pemerintah Provinsi Lampung dapat terus berkomitmen untuk mendaftarkan masyarakatnya dalam Program JKN dan memastikan ketersediaan anggaran untuk Program JKN,” ungkap Lisa.

Baca Juga:  Relawan Eva Deddy Gencar Door To Door di Tengah Hujan Deras

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga berharap penghargaan ini bisa dicontoh oleh kabupaten/kota dan dijadikan motivasi untuk terus berupaya meningkatkan capaian kepesertaan penduduknya.

“Tidak lupa tata kelola anggarannya juga diperbaiki, dengan demikian bisa melindungi masyarakat dari sisi kesehatan dengan mendaftarkannya menjadi Peserta JKN,” ujar Arinal.

Selain itu pihaknya berharap BPJS Kesehatan tak akan putus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi para Peserta JKN. Ia juga menegaskan pihaknya selalu terbuka untuk berkoordinasi terkait hambatan dalam penyelenggaraan Program JKN di lapangan agar solusinya dapat dicari secara bersama-sama.

Baca Juga:  Pertahankan Kejayaan Peternakan, Pemprov Perkuat Program Upsus Siwab, Asuransi Ternak dan Lampung Bebas Rabies 2020

Khusus untuk cakupan kepesertaan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, capaian kepesertaan Kabupaten Lampung Utara adalah sebesar 105% atau 689.949 jiwa penduduk, Kabupaten Pesisir Barat adalah sebesar 96,35% atau 161.231 jiwa penduduk, Kabupaten Way Kanan sebesar 78,92% atau 379.670 jiwa penduduk dan Kabupaten Lampung Barat sebesar 86,71% atau 266.924 jiwa penduduk sebesar 86,71% atau 266.924 jiwa penduduk.

“Sedangkan untuk Kabupaten Lampung Utara dan Pesisir Barat telah meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) yaitu cakupan kepesertaan diatas 95% dari jumlah penduduk,” kata Idham Kholid, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.

Baca Juga:  Ratusan Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Jalani Vaksinasi

Idham menegaskan pihaknya terus mengupayakan percepatan Universal Health Coverage (UHC) di wilayah kerjanya agar seluruh masyarakat setempat mendapatkan jaminan kesehatan, salah satunya melalui penguatan kolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten dalam kegiatan Forum Komunikasi dan Audiensi bersama Bupati.

“Agenda kegiatannya tentu membahas kesiapan pemerintah daerah dalam mendaftarkan seluruh penduduknya ke Program JKN serta berdiskusi terkait tantangan dan permasalahan dalam penyelenggaraan Program JKN di wilayahnya. Tujuannya tak lain agar seluruh masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan tanpa terkecuali dan meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga,” tutup Idham.

(Andrian Folta)

 75 kali dilihat

Tagged