Daerahnya Dibangunkan Jalan menuju Wisata Air terjun Oleh Dandim 0105/Abar, Tokoh Eks. Kombatan Dengan Penuh Kesadaran Serahkan 2 Pucuk Senjata Api

Daerahnya Dibangunkan Jalan menuju Wisata Air terjun Oleh Dandim 0105/Abar, Tokoh Eks. Kombatan Dengan Penuh Kesadaran Serahkan 2 Pucuk Senjata Api
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)
Eks Kombatan inisial N dengan penuh kesadaran dan sukarela menyerahkan 2 Pucuk Senjata Api Jenis AK 47 dan 56 kepada Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P. Penyerahan dilakukan di wilayan Kecamatan Sungai Mas, Kamis (30/9/2022)

Alasan Tokoh eks Kombatan tersebut menyerahkan Senjata Api miliknya karena Dandim beserta Jajarannya sangat tulus dan bekerja keras tak kenal waktu untuk warga yang ada di Kecamatan Sungai Mas, Terlebih Dandim telah menginisiasi kegiatan pembangunan akses Jalan menuju destinasi wisata air terjun yang ada di Gampong Pungki Kecamatan Sungai Mas dengan melibatkan masyarakat dan para Tokoh eks Kombatan.

N mengakui, tindakan yang dilakukannya tersebut tanpa ada paksaan dari siapapun. Melainkan sebagai wujud terimakasih kepada Dandim yang telah memajukan dan mensejahterakan Desa Pungki yang memang notabenenya berada di Pucuk atau pelosok.

Baca Juga:  Manfaatkan waktu luang, Anggota Koramil 08/Arongan Lambalek Membersihkan lahan kosong di belakang Makoramil.

“Dengan niat dan penuh kesadaran Saya serahkan 2 Pucuk Senjata Api kepada Kodim 0105/Abar. Sebab, selama ini Bapak Dandim beserta Jajarannya sangat peduli membangun wilayah Aceh Barat, termasuk membangun Jalan di Desa Pungki. Saat ini pasca dibangunnya wisata Air Terjun masyarakat merasakan manfaat nyata berupa keterbukaan akses menuju tempat wisata. Ini adalah wujud ungkapan terimakasih Kami kepada Dandim”, ungkapnya

Selain itu, dirinya tak menapik bahwa tidak berhak lagi menyimpan atau menguasai Senjata Api tersebut meskipun sebelum ditemukan selama ini memang senjata tersebut telah lama hilang jejak penyimpanannya pasca berakhirnya konflik. Pasalnya, di Aceh saat ini sudah sangat damai dan kesejahteraan semakin membaik sehingga kita harus sama sama menjaganya.

Sementara Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera sangat mengapresiasi dan menyambut positif atas kesadaran dari N yang dengan landasan niat tulus menyerahkan Senjata Api yang dimilikinya.

Baca Juga:  Komitmen Danramil 03/Kaway XVI Dukung Kampung Tangguh Bersinar Menuju lndonesia Bebas Narkoba

Terkait hal tersebut, Dandim menyampaikan.”Kepada rekan-rekan eks Kombatan yang masih menyimpan Senjata Api sisa konflik di Aceh agar memiliki kesadaran untuk menyerahkan kepada pihak yang berwenang. Bisa juga langsung ke Kodim 0105/Abar, Kami berjanji akan melindungi baik dalam konteks privasi maupun dalam konteks hukum, karena menyerahkan senjata dengan kesadaran adalah bagian dari program teritorial, yang relevan dengan konsep restoratif justice dari aparat penegak hukum, Kalau teritorial Kodim bergerak dalam ruang preemtive dan preventive dalam mencegah tindak pelanggaran hukum.

Selain itu dalam kacamata hukum, menyimpan Senjata tanpa ijin juga adalah tindakan yang melanggar hukum”, dan secara psikologis memegang senjata api tanpa ada aturan dan pondasi psikologi yang kuat akan bisa mengganggu kestabilan emosi, ini kita rasakan juga sebagai aparat negara yang memegang senjata.

Baca Juga:  Ditemukan Meninggal, Prajurit Kodim 0105/Abar Bantu Evakuasi 2 Jasad Korban Tenggelam Di Sungai

Dandim juga menegaskan bahwa memajukan aceh kedepan insyallah sudah bukan lagi dengan senjata tetapi dengan buku dan pena, dan salah satu bentuk buku itu adalah buku MOU dan penguatan regulasi serta pastinya juga harus dengan penguatan pondasi agama dan moralitas, ini berlaku untuk siapa saja apalagi para aparatur negara dan pemerintah yang menjadi figur dalam menjaga marwah dan martabat negara/ pemerintah di depan masyarakat, ucap Dandim.

 112 kali dilihat