Dihadapan Komponen Masyarakat, Dandim 0105/Abar Kupas Pokok – Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD Bidang Teritorial

Dihadapan Komponen Masyarakat, Dandim 0105/Abar Kupas Pokok - Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD Bidang Teritorial
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)
Dalam rangka mempererat jalinan hubungan antara Prajurit Kodam lskandar Muda dengan Komponen Masyarakat, Kodim 0105/Abar menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para Tokoh se – Kabupaten Aceh Barat di Aula Makodim setempat yang berlokasi di Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (22/9/2022)

Komunikasi Sosial ini mengusung tema “Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial lnovatif Berwawasan Kebangsaan”, yang dihadiri Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Kasdim Mayor lnf Mazwar As’adi Riyanto, Pasiter Kapten lnf Hendra Saputra, Danramil – Danposramil, para Tokoh, Cendikiawan, Alim Ulama, Mahasiswa dan Stakeholder lainnya.

Kegiatan ini dimulai dengan laporan resmi dari Pasiter Kapten lnf Hendra Saputra kepada Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P.

Sebagai apersepsi dan apresiasi, Dandim mengucapkan selamat datang kepada para Tokoh yang tergabung sebagai Komponen Masyarakat. Ajang silaturahmi yang dikemas melalui wadah Komsos ini kiranya dapat menunjang spirit kebersamaan sebagai upaya menciptakan Aceh yang damai, sejuk, aman dan nyaman serta sejahtera.

Baca Juga:  Agar Terlihat Asri Dan Nyaman, Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Ajak Warga Bersihkan Sarana Balai Pengajian

Kebersamaan yang dimaksudkan oleh Dandim ialah untuk saling mengingatkan dan memberikan masukan semaksimal mungkin dalam menjalankan peran maupun fungsi masing – masing sesuai koridor kemitraan yang masif serta partisipatif dalam bingkai persaudaraan yang kental.

“Kondisi dan situasi pasca Covid – 19 di wilayah Aceh saat ini pada umumnya telah mengalami banyak kemajuan, baik dari sisi Politik, Ekonomi dan Keamanan. Sehingga, stabilitas yang bermuara kondusifitas wilayah merupakan modal utama untuk membangun daerah Kita. Untuk mewujudkannya, maka perlu adanya penyamaan persepsi dan partisipasi dari seluruh Komponen Masyarakat secara aktif”, ucap Dandim dalam sambutannya

Disisi lain, lanjut Dandim, damai dan aman di Bumi Serambi Mekkah ini tidak terlepas dari andil seluruh lapisan masayarakat termasuk Komponen Masyarakat Aceh Barat. Untuk itulah, betapa pentingnya membangun kesadaran masyarakat sebagai upaya mempertahankan perdamaian.

Baca Juga:  Anggota Persit Meninggal, Dandim Abar Ikut Gotong Keranda Jenazah

“Sebisa mungkin Kita hindari gesekan yang bisa menimbulkan permusuhan ataupun perpecahan. Perbedaan yang ada hendaknya menjadi kekuatan bangsa yang harus sama – sama Kita pertahankan. Oleh karenanya, mari Kita jaga Kebhinnekaan dan keberagaman sebagai bahagian dari amar ma’ruf nahi munkar”, tegas Dandim

Ba’da sambutan Dandim, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi ataupun sosialisasi diantaranya Pokok – Pokok Kebijakan Pimpinan TNI AD Dalam Bidang Teritorial Tahun 2022 (Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P.), Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Dalam Rangka Menyegarkan Dan Menguatkan Kesadaran Untuk Membangun Ketahanan Nasional (Mayor lnf Mazwar As’adi Riyanto), Kebhinnekaan Untuk Mendorong Terciptanya Perdamaian Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara (Kapten lnf Hendra Saputra).

Sementara materi Gotong Royong Sebagai Upaya Dalam Membantu Kesulitan Rakyat disampaikan oleh Dosen STAIN TDM Lia Murlisa, M.A., dan materi Pengetahuan Tentang Bantuan Hukum Dalam Berwira Usaha dikupas oleh Wirausahawan sukses Zulfriansyah yang pernah mengenyam pengalaman hidup (ilmu) di Jepang.

Baca Juga:  Dampingi Alat Berat, Anggota Satgas (TMMD) Reg Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat Percepat Akses Jalan Tembus

Forum dilanjutkan dengan sesi diskusi hangat dan tanya jawab. Kemudian pemberian sarana kontak atau cindera mata kepada para peserta Komsos yang secara simbolis diberikan oleh Dandim. Setelah ditutup dengan do’a, Komsos bersama Kommas diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.(*)

 141 kali dilihat