Ketua Kwarda Pramuka Lampung Lantik Ketua dan Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Timur

Ketua Kwarda Pramuka Lampung Chusnunia Chalim Lantik Ketua dan Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Timur
LAMPUNG TIMURPROV LAMPUNG

LAMPUNG TIMUR, (LV)
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung Chusnunia Chalim melantik
Dawam Rahardjo dan Azwar Hadi sebagai Ketua dan Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Timur Masa Bakti 2022-2027, di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Timur, Senin (1/8/2022).

Pada kesempatan itu
mengajak Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Timur menciptakan kader Pramuka generasi bangsa yang cinta Tanah Air dan semangat membangun Indonesia.

“Kita masukan di masa pembentukan karakter anak-anak penerus bangsa melalui gerakan pramuka untuk semangat membangun Indonesia, menanamkan nilai-nilai positif cinta tanah air, cinta bangsa ini, cinta Indonesia dengan keragamannya untuk menuju nasionalisme yang kuat,” ujar Nunik.

Usai dilantik, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Timur M. Dawam Rahardjo melantik Yus Bariah sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Timur Masa Bakti 2022-2027.

Baca Juga:  Kadis Kominfotik Hadiri Uji Kompetensi Wartawan Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Lampung

Kemudian, pelantikan kepada pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) serta Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Lampung Timur.

“Selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik, semoga dapat menjalankan tugas mengemban amanah dengan baik, memajukan gerakan pramuka di Lampung Timur ini semakin berjaya lagi,” katanya.

Pada pelantikan tersebut, Nunik juga menekankan beberapa hal kepada Gerakan Pramuka Lampung Timur.

Seperti, Gerakan Pramuka Lampung Timur untuk bersama-sama bergotongroyong dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Ia juga mendorong Gerakan Pramuka Lampung Timur dan seluruh Provinsi Lampung untuk terlibat aktif mengkampanyekan melawan narkoba.

Baca Juga:  Riana Sari Arinal Kukuhkan Tim Literasi Provinsi Lampung

“Karena narkoba ini menjadi musuh bagi kita semua, jangan sampai kita kehilangan generasi penerus bangsa karena narkoba,” ujarnya.

Kemudian, Nunik menyebutkan kader pramuka harus berada di garis terdepan untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa seperti mencegah radikalisme dan terorisme serta melawan hoax atau berita bohong yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

“Kader pramuka juga harus menjadi contoh terhadap pelestarian lingkungan dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dimulai dari diri sendiri,” katanya.

Menurutnya, pramuka harus bisa menjadi penggerak mengajak masyarakat untuk membudayakan penggunaan alat makan dan minum berkali pakai untuk mengurangi sampah terutama plastik seperti menggunakan tumbler.

Baca Juga:  Gubernur Arinal dan Wagub Nunik Lepas Ribuan Peserta PTBA 10K dan Fun Walk dalam Rangka HUT PT. Bukit Asam ke-39

“Gerakan pramuka harus ikut serta meminimalisir sampah plastik karena banyak sekali contoh-contoh nyata kerusakan lingkungan oleh ulah manusia yang tidak peduli tentang pelestarian alam. Mari berkomitmen bersama melawan sampah plastik,” ujarnya.(Adpim)

 277 kali dilihat