KPU: Pengelolaan, Pengadaan, Distribusi, Skema Baru Logistik Pemilu 2024

BANDAR LAMPUNG

BANDARLAMPUNG, (LN)
Pada perhelatan pesta demokrasi terbesar di dunia, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat skema tahapan logistik pemilu yang agak berbeda dibanding pemilu sebelum, yakni pengelolaan, pengadaan dan distribusi.

Dari dua macam logistik pemilu yakni logistik utama dan logistik pendukung, pihak KPU selaku pelaksana pemilu akan terlebih dahulu mengerjakan lebih awal tahapan pengadaan logistik pendukungnya.

“Tidak ada sortir dan lipat surat suara di KPU kabupaten/kota, semua didistribusikan sudah rapi serta sampul surat suara mudah diidentifikasi, agar proses packing tidak ada kesalahan dapil,” bunyi petikan keterangan anggota KPU juga Ketua Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU Yulianto Sudradjat.

Komisioner yang juga Wakil Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang KPU, serta Ketua Korwil Jateng, Bali, Gorontalo, Kalteng, Babel dan Malut ini mengatakan, pola pengadaan logistik pemilu nantinya juga akan didistribusikan ke KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Untuk lebih mendekatkan pada proses distribusinya,” tandas komisioner berlatar mantan wartawan Radar Jember sebelum terjun ke bidang kepemiluan ini, kelahiran Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Jateng 9 Juli 1973, pernah Wakil Ketua HMJ Komunikasi FISIP Universitas Slamet Riyadi, Surakarta 1993 dan Wakil Ketua GMNI Surakarta 1996, Magister Komunikasi FISIP UNS Surakarta, Deputi Manajer PT Tiga Serangkai Cabang Surakarta 2003-2007.

Pengingat, anggota dua periode KPU Kabupaten Sukoharjo 2008-2018 dimana dia Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Ketua KPU Jateng 2018-2023 cum Anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) pada DKPP RI 2019-2020 ini, sempat menyita atensi publik pemilu saat fit and proper test Komisi II DPR 16 Februari 2022 mengangkat isu sosialiasi pemilu berbasis digital sebagai solusi yang sesuai realitas masyarakat kini, dan perlunya penguatan pendidikan pemilih pemula melalui pembentukan kurikulum pendidikan pemilih lewat mapel Pendidikan Kewarganegaraan melalui kerja sama KPU dan Kemendikbudristek sebagai ikhtiar terhadap pendidikan demokrasi sejak dini.

Baca Juga:  Porprov VIII 2017 Resmi Ditutup Gubernur: Jangan Ada Kata Lelah Lahirkan Juara

Yulianto yang juga anggota PAW DKPP ex officio unsur KPU 2022-2027 per 26 April 2022, merilis skema baru logistik pemilu ini, dalam forum Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Logistik Pemilu Serentak Tahun 2024 diikuti lebih kurang 1.200 peserta latar ketua, anggota, kabag, kasubbag yang menangani logistik dari KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota se-Indonesia, berlangsung di kawasan kaki bukit Gunung Salak Bogor, Jawa Barat, Selasa hingga Kamis (27-29/09/2022).

Ihwal dua macam logistik pemilu, dijelaskan pidato pembuka Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Hasyim bilang, logistik utama terdiri dari surat suara, formulir penghitungan dan rekapitulasi. Sedang logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos.

“KPU juga akan memetakan masukan KPU Kabupaten/Kota yang mengetahui kondisi di lapangan terutama untuk distribusi logistik,” ujar Hasyim, didampingi oleh Yulianto juga komisioner lainnya Mochammad Afifuddin dan Betty Epsilon Idroos, serta Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno, Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Karo Logistik Asep Suhlan, Karo Perencanaan dan Organisasi Suryadi, Karo Partisipasi dan Humas Cahyo Ariawan, Karo Umum Syahrizal Iskandar, Karo Perundang-undangan Nur Syarifah, dan Inspektur Wilayah II Adiwijaya Bakti.

Baca Juga:  Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP Optimis Provinsi Lampung Akan Lebih Maju Dipimpin Arinal Djunaidi-Chusnunia

Dalam Diskusi Panel Pertama membahas Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu dan Rancangan Peraturan KPU mengenai Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya dalam Pemilu, Rabu, Yulianto selaku narasumber mengingatkan jajaran siap bertanggung jawab atas pengadaan logistik pemilu, sebab prosesnya akan didistribusikan ke KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Untuk itu, rancangan Peraturan KPU mengenai logistik ini akan dimatangkan, semua harus bisa memetakan dengan baik, guna meminimalkan kendala-kendala di lapangan,” lugas dia, didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis, Eberta Kawima.

Narasumber lainnya, Kasubdit Sistem Informasi dan Layanan Angkutan Udara, Direktorat Angkutan Udara, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Doddy Hendra Wijaya, menekankan komitmen Kemenhub atas kondisi penerbangan kini, yakni produktivitas menjaga ketersediaan konektivitas dan pelayanan, terutama pada daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal dan Perbatasan (3TP).

Dalam Diskusi Panel Kedua membahas Perencanaan Kebutuhan dan Anggaran Logistik Pemilu serta Peningkatan SDM Pengadaan Barang dan Jasa, Karo Logistik Asep Suhlan menguraikan perencanaan logistik yang baik, yaitu identifikasi kebutuhan, menyusun prioritas kebutuhan, rencana kegiatan/kerja, serta monitoring dan evaluasi. “Jika perencanaan KPU sudah baik, maka 50 persen permasalahan sudah bisa diatasi,” Karo Asep meyakini, di hadapan Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang juga hadir memantau pelaksanaan diskusi.

Saat menutup rakor, Hasyim berpesan agar peserta rakor segera mengidentifikasi dan memetakan kondisi riil di lapangan terkait logistik Pemilu 2024. Hal ini bisa menjadi masukan dalam KPU merancang Peraturan KPU tentang Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya dalam Pemilu.

Baca Juga:  Pelda Usep Monitor Pelaksanaan Kegiatan Ibadah di GJSA

Sementara Sekjen KPU Bernad menekankan proses pengadaan dan distribusi logistik sesuai dengan standar, norma, prosedur yang ditetapkan. Perencanaan logistik Pemilu 2024 akan ada perubahan, antara lain proses pengadaan surat suara yang berjenjang: surat suara Pemilu Presiden dan Pemilu DPR dilakukan KPU RI, surat suara Pemilu DPD-DPRD dilakukan KPU Provinsi.

Kesempatan itu, KPU berikan penghargaan kategori Perencanaan Logistik Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Penggunaan LPSE untuk Paket Tender dan Non Tender Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta kategori Pengelolaan Inventarisasi Logistik Tingkat Kabupaten/Kota.

Dari Lampung, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami memimpin delegasi didampingi anggota KPU Lampung cum Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik Titik Sutriningsih, Sekretaris KPU Lampung Mashur Sampurna Jaya, dan Plt Kasubbag Umum dan Logistik pada Bagian Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Lampung.

Di sela agenda, Sekretaris KPU Lampung Mashur Sampurna Jaya termasuk dari 43 pejabat pimpinan tinggi pratama Setjen KPU RI dan Sekretariat KPU Provinsi/KIP Aceh yang dilantik bersamaan oleh Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno, pada Kamis (29/9/2022) kemarin. [red/Muzzamil]

 310 kali dilihat