Mengenal Macam-Macam Servis Mobil yang Ada di Indonesia

Mengenal Macam-Macam Servis Mobil yang Ada di Indonesia
MEDIA CREATIVE

Saat ini sudah banyak nama perusahaan asuransi konvensional yang dapat Anda pilih untuk asuransi kendaraan kesayangan.

Tentu saja, perusahaan-perusahaan asuransi tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Selain melengkapi kendaraan dengan asuransi, hal lainnya yang tak kalah penting dilakukan adalah melakukan servis mobil.

Pada saat mobil Anda tidak bekerja secara normal, itu pertanda harus segera melakukan servis mobil di lifepal.co.id/media/servis-mobil/.

Ada beragam jenis jasa servis mobil yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi dari mobil kesayangan. Berikut ini kita akan ulasan informasi lengkapnya untuk Anda.

Macam-Macam Servis Mobil

Sekarang ini memang sudah banyak berbagai jenis dan biaya servis mobil, yang dapat dimanfaatkan jasanya untuk bisa memperbaiki kendaraan Anda. Berikut ini adalah berbagai jenis servis mobil yang ada untuk kendaraan yang Anda miliki.

1. Servis Mobil Berkala

Servis berkala pada mobil atau biasanya disebut dengan servis rutin pada mobil adalah aktivitas servis yang akan dilakukan pada mobil dengan menggunakan jadwal tertentu pada  bengkel resmi.

Umumnya penjadwalan servis akan dilakukan dalam waktu yang tidak lama dan harus menyesuaikan dengan ketentuan buku servis yang ada di mobil.

Baca Juga:  Komsos di Kampung Pancasila Danramil 01/Laweyan Tanamkan Nilai-nilai Luhur Pancasila

Jangan sampai buku nanti servis mobil tersebut hilang, sebab pemilik bisa tidak mendapatkan layanan servis secara gratis untuk mobil miliknya.

Jika tidak memiliki buku servis mobil, fasilitas di garansi mobil juga akan terancam hilang. Dan pemiliknya juga tidak akan mengetahui catatan servis mobil yang dimilikinya, bila buku servis mobil tersebut hilang. Jadi simpan baik-baik buku servis mobil yang Anda miliki.

Selain itu, banyak pemilik mobil yang masih belum mengetahui servis mobil harus berapa bulan sekali. Jadi, interval servis secara berkala itu dasarnya akan ditentukan oleh jarak tempuh pada mobil.

Tapi untuk orang yang tinggal pada daerah perkotaan, disarankan untuk berpatokan di waktu. Mobil dianjurkan untuk melakukan servis secara berkala setiap kelipatan 10.000 kilometer.

Namun, umumnya mobil juga  akan dianjurkan untuk melakukan servis pada setiap 6 bulan sekali, dengan melakukan asumsi mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer selama 6 bulan penggunaan.

2. Service Tune Up Mobil

Servis mobil terdekat tune up adalah sebuah aktivitas penyetelan ulang seluruh komponen, durasi pengerjaan yang lama tetapi tidak sering dilakukan servis mobil. Montir nanti akan mengecek lebih jauh pada komponen-komponen mobil Anda.

  • Perbedaan service berkala dan tune up

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membedakan servis tune up pada mobil dengan servis berkala mobil:

Baca Juga:  Danramil 04/Jebres bersama Polsek Jebres Laksanakan Pendampingan Pengamanan Pengosongan Shelter dan Lapak Pedagang Taman Satwa Jurug

– Servis berkala akan dilakukan berdasarkan jadwal, sedangkan untuk servis tune up tidak akan terlalu sering untuk dilakukan dan juga terjadwal.

– Servis berkala  tidak akan memakan waktu yang lama, sedangkan servis tune up mobil dilakukan dengan durasi waktu yang jauh lebih lama karena ada aktivitas penyetelan ulang seluruh komponen pada mesin mobil.

– Bila melakukan servis secara berkala, montir akan melakukan pengecekan pada bagian aus atau kotor seperti di dalam sistem injeksi atau filter udara. Sementara di dalam servis tune up mobil, montir akan mengecek lebih jauh pada komponen-komponen mobil.

Pada servis tune up mobil, montir akan melakukan pembersihan pada ruang bakar dan juga pemeriksaan suku cadang.

Montir nanti juga akan melakukan pergantian pada suku cadang yang memiliki performa menurun, seperti busi, oli, aki, filter udara, dan juga fan belt.

Melindungi Mobil dengan Asuransi Kendaraan

Biaya untuk paket servis mobil dan perawatan pasti tidak akan murah. Jangan sampai nantinya biaya servis mobil justru dapat membebani pengeluaran Anda.

Baca Juga:  Pasar Seni Lampung Support Komunitas Grunge Lampung

Manfaatkan asuransi mobil All Risk agar Anda tidak perlu pusing lagi dengan tagihan yang diberikan bengkel karena Anda akan terjamin dari biaya perawatan mobil dan juga perbaikan kerusakan ringan dan berat.

Bahkan, nantinya bisa mendapatkan ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian. Asuransi sendiri bukan produk untuk melakukan investasi, melainkan sebuah produk untuk memberikan perlindungan dari kerugian finansial ketika terjadi musibah seperti sakit, kecelakaan, kerusakan kendaraan yang berat maupun ringan.

Perusahaan asuransi di Indonesia saat ini memiliki prospek yang sangat cerah. Karena itu, Anda dapat memilih asuransi mobil yang paling cocok menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih asuransi konvensional maupun syariah.

Itulah informasi mengenai macam-macam servis mobil di Indonesia dan alasan penting melindungi kendaraan dengan asuransi mobil. Semoga bermanfaat!

 474 kali dilihat